POPULAR STORIES

Bikers Indonesia Sukses Touring Lintas Negara, Tempuh Jarak 4.300 Kilometer

Bikers Indonesia Sukses Touring Lintas Negara, Tempuh Jarak 4.300 Kilometer Touring lintas negara WMIT (Foto: dok WMIT)

KabarOto.com - Bikers Indonesia yang tergabung dalam Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022, sukses melakukan perjalanan (touring) lintas negara menggunakan sepeda motor, menempuh jarak 4.300 kilometer. Beberapa negara di singgahi, di antaranya Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Ada 25 pengendara roda dua asal Indonesia yang ikut dalam touring, mereka menggunakan Harley-Davidson, Triumph Motorcycle, Victory Motorcycles, Ducati, Honda, Kawasaki, Royal Enfield, dan BMW.

Mereka menempuh perjalanan selama 16 hari, mulai 18 Juli sampai 2 Agustus 2022. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya aktivitas yang sudah sukses digelar pada 2019 lalu.

Baca juga: Dipadati Bikers, Ini Galeri Keseruan Acara Sunmori Free Flow Volume 1

Menempuh perjalanan ribuan kilometer (Foto: dok WIMT)

Hanya saja pada 2020-2021 kemarin, karena pandemik Covid-19 kegiatan tidak bisa digelar. "Ini juga menjadi kegiatan sarana turing diplomasi, efektif dalam menduniakan Indonesia melaui otomotif," terang Bamsoet dalam keterangan resmi.

Direktur IMI Mobilitas Sepeda Motor, Joel D. Mastana mengatakan, WIMT upaya mempromosikan pariwisata dan produk otomotif UMKM Indonesia ke dunia. Selain itu, menjalin silaturahmi ke komunitas internasional.

Meski melintasi berbagai medan jalan, namun tim selama perjalanan tidak menemui kendala, karena seluruh pengemudi sudah mengikuti safety riding. Mereka mampu menerapkan manajemen turing. Seperti di Malaysia relatif lebih banyak jalan tol yang membelah bagian utara dan selatan.

Bikers di seluruh negara yang dikunjungi, menyambut baik tim ini, bahkan mereka menjemput di perbatasan. “Di Malaysia, kami dijamu oleh para biker saat berada di Route 77 Harley-Davidson of Kuala Lumpu, terang Bernard, salah satu peserta touring.

WMIT tiba di Hanoi (Foto: WMIT)

Sementara di Thailand, para biker bersilaturahmi hangat dengan difasilitasi oleh KBRI Bangkok. Di Kamboja, rombongan dijemput oleh para biker lokal dan biker Indonesia, dipimpin Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng, serta Atase Pertahanan Kolonel Mochammad Rizal.

Baca juga: Apakah Dimensi New Honda ADV160 'Ramah' Untuk Lady Bikers? Ini Jawabannya

Memasuki perbatasan Kamboja dan Laos, Nong Nok Khiene, Duta Besar Indonesia untuk Laos, Pratito Soeharyo juga menjemput WIMT 2022, mereka diantar langsung oleh Mochammad Rizal dan rekan biker setempat dari Kamboja.

Kegiatan ini, didukung oleh Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, TNI AD, KBRI Kuala Lumpur, KJRI Penang, KJRI Songkhla, KBRI Bangkok, KBRI Pnom Penh, KBRI Laos dan KBRI Hanoi