POPULAR STORIES

Bluebird Investasi Rp 250 Miliar Untuk Transportasi Publik Berbasis Listrik Di IKN

Bluebird Investasi Rp 250 Miliar untuk Transportasi Publik Berbasis Listrik di IKN Bluebird Investasi Transportasi Sebesar Rp250 Miliar di IKN, Ini Jabarannya (Kipli)

KabarOto.com - Bluebird Group memulai investasi sebesar Rp250 miliar untuk mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Keputusan investasi ini, sejalan dengan komitmen Bluebird untuk mendukung inisiatif ramah lingkungan Visi Keberlanjutan 50:30, yaitu upaya pengurangan hingga 50% emisi karbon dan buangan Perusahaan pada tahun 2030.

Menurut Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk investasi ini, adalah bagian dari upaya perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan.

Baca Juga: Bluebird Akan Tambah 500 Mobil Listrik Untuk Armadanya

“Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai smart forest city. Dengan investasi ini kami ingin menjadi pelopor dalam pengembangan transportasi publik berbasis listrik di IKN,” ujarnya.

Ivestasi dan kontribusi Bluebird ini, akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi bus rapid transit listrik (layanan bus perkotaan), taksi listrik, mobil rental listrik, bus jurusan IKN–Balikpapan, serta sarana pendukung lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point. Semuanya akan dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi.

Baca Juga: Ogah Pakai Sedan Lagi, Ini Alasan Bluebird Gunakan Jenis LMPV

Nantinya, kemudahan dan kenyamanan mobilitas penduduk IKN akan didukung oleh Bluebird dengan investasi taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan 10 unit, charging point, dan depo.

Sedangkan untuk kontribusi meliputi layanan bus perkotaan listrik hingga 40 unit, halte hingga 53 titik, 1 transfer point (bus interchange station), dan 2 park and ride.