BMW Berencana Produksi Baterai Mobil Listrik

BMW Berencana Produksi Baterai  Mobil Listrik

KabarOto.com – BMW melangkah maju soal kendaraan elektrifikasi. Bukan hanya memproduksi mobilnya saja, pabrikan asal Jerman ini berencana untuk memproduksi baterai mobil listriknya sendiri.

Menurut keterangan Kepala Eksekutif BMW, Oliver Zipse mengatakan bahwa pihaknya tengah berencana untuk mengembangkan baterai listriknya sendiri dengan menginvestasikan $24 miliar.

“Nantinya, baterai listrik produksinya akan digunakan untuk model BMW i4, iX, dan kendaraan listriknya yang direncanakan akan terus bertambah hingga tahun 2024,” jelas Zipse.

Baca juga: Ini Mobil Dan Teknologi Baru BMW Yang Mejeng Di IAA Mobility 2021

Selain itu, BMW juga mengaku pihaknya akan terus melakukan penyesuaian dengan terus berkembangnya tren kendaraan elektrifikasi. Pesanan sel baterai baru BMW dibuat melalui Teknologi Amperex Kontemporer, EVE Energy, Samsung SDI, dan Northvolt AB.

Langkah yang diambil BMW ini sekaligus untuk mengamankan pasokan baterai mobil listrik. Hal tersebut berkaitan dengan krisis semikonduktor yang belakangan ini tengah mengganggu industri otomotif.

Baca juga: BMW I Vision Circular, Mobil Konsep Masa Depan Dari Olahan Limbah

“Krisis semikonduktor diprediksi akan semakin parah pada paruh kedua tahun ini.Kami akan berusaha untuk terus bertahan ditengah keadaan seperti ini,” tambah Zipse.

Saat ini, pabrikan mobil asal Jerman ini baru saja memperkenalkan model terbaru dari BMW iX3 pada Munich Motor Show.

Dengan motor listrik yang ditingkatkan, mobil listrik mampu menghasilkan tenaga hingga 282 dk dan torsi 400 Nm. Catatan di atas kertas, mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 6,8 detik, dengan kecepatan maksimum 180 km/jam.