POPULAR STORIES

BMW M1 Langka, Harganya Lebih Mahal Dari Supercar

BMW M1 Langka, Harganya Lebih Mahal Dari Supercar

KabarOto.com - BMW M1 memiliki daya tarik unik dibanding seluruh jajaran mobil BMW. Mobil yang dibuat dari 1978 hingga 1981 ini dikembangkan oleh divisi M, merupakan divisi motorsport dari BMW.

Selama masa pembuatannya, M1 hanya dibuat sebanyak 453 unit, 399 unit untuk penggunaan jalanan, sementara 53 lainnya dipakai keperluan balap, menjadikannya salah satu mobil BMW paling langka di dunia.

Baca Juga : Volkswagen Taigun Debut Di India, Persaingan SUV Mungil Semakin Ketat

Bentuk BMW M1 terinspirasi dari prototipe BMW Turbo yang dihadirkan pada 1972 dan dirancang oleh Paul Bracq. Proyek ini kemudian diambil oleh Giorgio Giugiaro, pendiri rumah modifikasi Italdesign. Pengerjaan bodi dari fiberglass sehingga beratnya hanya 1.300 kg, pembuatan dipercayakan kepada sebuah Emilian, sementara perakitan dilakukan di Italdesign di Piedmont.

Berbekal mesin M88 3.500 cc, 6 silinder segaris dengan tenaga 277 dk dan torsi 330 Nm, mampu melesat dari 0-100 kpj dalam 5,6 detik saja. Kecepatan tertingginya 265 kpj menjadikannya salah mobil Jerman tercepat pada masanya.

Sementara itu, buat kalian para kolektor siap-siap nih, karena ada M1 mau dijual oleh Cartique. BMW M1 1981 bekelir warna putih, bodinya terlihat masih sangat mulus, baik emblem stiker, kondisi part semua lengkap dan mulus. Lalu interiornya, trim masih dalam kondisi terawat dan semuanya masih utuh.

Baca Juga : Lexus LF-Z Electrified, Tunggu 4 Tahun Lagi

Mobil yang keluar pabrik pada 6 Maret 1981 dan dikirim ke dealer BMW di Palazzolo sull’Oglio. Setelah beberapa bulan, terjual ke seorang kolektor di Frankfurt. Selama beberapa dekade, mobil tersebut tetap berada di Jerman dan hanya menempuh jarak 2.700 kilometer.

Sekarang karena nilai sejarah dan kelangkaannya, maka tidak heran orang menjualnya dengan harga tinggi. Jika tertarik bersiaplah untuk merogoh kocek 798.900 Euro atau sekitar Rp 13,6 miliar. Sebagai perbandingan, Ferrari Portofino baru saja dibanderol seharga Rp 10 miliar. Bagaimana Sob, tertarik?