BMW M4 GT3, Buat Yang Getol Balapan

BMW M4 GT3, Buat yang Getol Balapan

KabarOto.com - Bagi sobat KabarOto yang ingin berkarir di dunia balap international. BMW Motorsport awal Juni ini baru saja memperkenalkan mobil balap khusus untuk konsumen BMW M4 GT3.

Yup, berbasis dari BMW M4 Competition Coupe andalkan mesin P58 enam silinder segaris berkapasitas 2.993 cc disokong M TwinPower Turbo. Bisa secara spontan memainkan tenaga 590 dk dan torsi 700 Nm.

Baca juga: AC Schnitzer Sudah Siapkan Aksesori BMW M4



Marcus Engelke, Project Manager Drivetrain BMW M4, mengatakan, "Mesin enam silinder ini yang paling kuat yang disematkan di mobil produksi."

Diyakini mesin tersebut sudah terbukti di BMW M1 Group 5 dan hal tersebut ditegaskan oleh Ulrich Schulz, Head of Drivetrain Design, BMW Motorsport.



Agar BMW M4 GT3 bisa melesat lincah, tarnsmisi menggunakan tipe sequential enam percepatan yang dikembangkan di BMW M8 GTE. Tentunya bisa lebih mudah digunakan, biaya lebih murah dan performa kuat.

Kopling sudah electro-hydraulic untuk gigi rendah dan pengoperasiannya menggunakan steering wheel-mounted paddle. Sudah memakai stall prevention dan partially-automated start-up, sehingga bila terjadi masalah bisa segera masuk lagi ke lintasan.



Pijakan ke aspal sirkuit, pelek gunakan diameter 18 inci, namun tapak depan lebarnya 12,5 inci dan belakang 13 inci. Ban tergantung dari kebutuhan setiap tim menyesuaikan lintasan yang akan ditaklukkan.

Kokpit BMW M4 GT3 ini sudah gunakan jok BMW M sesuai dengan standar FIA. Digunakan pula penyejuk kabin dengan sirkulasi udara memberikan kenyamanan pembalap. Sistem pendingin kabin ini diklaim dua kali lebih kuat dari M6 GT3.

Oh iya, lingkar kemudi, pedal, dan konsol tengah bisa disesuaikan. Layar kontrol bisa dipantau mudah dan disesuaikan sesuai dengan ergonomi pengendara, apalagi saat balap ketahanan.

Lingkar kemudi BMW M4 GT3 ini dikembangkan bersama dengan BMW Motorsport dan pembuat perangkat keras Fanatec. Lingkar kemudi ini siap dijual di Amazon Prime platform streaming kepada para penggemar SIM racing. Jadi para pembalap virtual bisa merasakan membalap gunakan M4 GT3.

Baca juga: All New BMW M4 2021 Meluncur, Siap untuk Harian dan Sirkuit



Perihal tampilan luarnya, tak berbeda jauh dengan versi produksi M4 Competition Coupe. Paling kentara di bagian belakang dengan bantuan aerodinamika.

BMW mengabarkan total dimensi M4 GT3 disuguhkan panjang 5.020 mm, lebar 2.040 mm dan tinggi 1.308 mm. Jarak sumburoda 2.917 mm. "M4 GT3 lebih lebar 3 inci di tiap sisinya, tapi tetap kita pertahankan lampu belakangnya serta bentuknya mengikuti alur bagasi," yakin Anne Forschner, Exterior Designer BMW M4 Competition.

Berita Terkait

Berita Terkait