POPULAR STORIES

Sekilas Tentang BMW M4 GT3, Mobil Balap Sean Gelael Di Kejuaraan 24H Dubai 2024

Sekilas Tentang BMW M4 GT3, Mobil Balap Sean Gelael di Kejuaraan 24H Dubai 2024 BMW M4 GT3 (Foto: Sean Gelael)

KabarOto.com - Sean Gelael bersama tim Century Motorsport #14 meraih kemenangan di balapan ketahanan 24H Dubai 2024. Di mana, pembalap asal Indonesia ini menggunakan mobil BMW M4 GT3.

BMW M4 GT3 yang digunakan Sean pada balapan ini menggunakan livery didominasi warna hitam, dikombinasikan dengan warna merah dan putih. Tampilan sporty mobil ini semakin terlihat dengan adanya komponen aerodinamika yang terpasang dari pabriknya.

Melansir laman BMW USA, mobil balap BMW M4 GT3 ini merupakan pengembangan dari BMW M4 standar, dan dipersenjatai mesin P58, 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc, dipadukan M TwinPower Turbo 6 percepatan.

Baca Juga: Sean Gelael Juarai Balapan Ketahanan 24H Dubai 2024 Di Dubai Autodrome Circuit

Menggunakan basis dari BMW M4 standar

Performa di atas kertas, jantung pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga 590 dk dan torsi 699,6 Nm. Meskipun performanya luar biasa, namun titik pengembangan utama BMW M pada mobil ini sebenarnya adalah masalah pengendalian.

BMW M diklaim cukup mudah dikendalikan, bahkan untuk pemula sekalipun, dengan beberapa teknologi yang dipasangkan.

Salah satu teknologi yang digunakan adalah kopling elektro hidraulis yang dioperasikan dengan paddle di setir yang menggunakan teknologi terbaru BMW, untuk mendukung start otomatis termasuk anti-stall yang mencegah mesin mati saat pengendara melepas kopling.

Baca Juga: Tim Red Bull GasGas Tech3 Rilis Motor Balap MotoGP 2024

BMW M4 GT3 pernah digunakan juga oleh Valentino Rossi

Sistem transmisi menggunakan Xtrac Transaxle 6 percepatan yang diambil dari BMW M8 GTE. Selain itu, ada juga sistem yan lebih baru seperti adanya traction control dan braking assisted dengan software terbaru.

Menariknya, mobil balap ini juga digunakan oleh legenda balap MotoGP Valentino Rossi yang bergabung dengan W Racing Team (WRT).