BMW Seri 3 Dapat Nilai Bintang 5 Euro NCAP

BMW Seri 3 Dapat Nilai Bintang 5 Euro NCAP

KabarOto.com – Ada kabar gembira nih dari BMW, setelah sebelumnya unit baru Z4 diuji tabrak dan menoreh hasil sangat baik dalam pengetesannya. Kali ini giliran BMW Seri 3 G20 mendapatkan kesempatan.

Hasilnya juga sangat memuaskan loh, yakni mendapat bintang 5 dari Euro NCAP. Pengetesannya sendiri meliputi seluruh sistem keamanan yang diusung G20, menghasilkan nilai untuk keselamatan penumpang dewasa 97%, keselamatan penumpang anak-anak 87%, dan 76% fitur keselamatannya. Hasilnya mirip dengan Z4 mengingat teknologi keamanannya memang mirip.

Seperti biasanya, tes tabrak untuk sebagian depan sisi pengemudi dilakukan pada kecepatan 64 kpj, kedua airbag terbuka sempurna sehingga mampu melindungi kepala dari benturan pada gagang setir atau panel interior lain, bahkan kaca yang bisa berakibat cedera serius.

Baca Juga : Ac Schnitzer Buat BMW G20 Makin Gahar

Pada tes bagian depan, sisi penumpang depan dibiarkan kosong. Namun saat terjadi tabrakan airbag pada penumpang depan tidak terbuka, bukannya rusak ya sob. Tapi memang ada sensor dimana membaca apakah ada orang yang duduk di jok tersebut atau tidak, sehingga airbag perlu aktif atau tidak.

Lanjut ke sisi samping, digambarkan mobil akan ditabrak oleh mobil lain dengan kecepatan 50 kpj. Hasilnya sama seperti depan, airbag samping berfungsi sempurna melindungi penumpang depan dan belakang dari pecahan kaca. Ada 2 kali tes seperti biasa, tes kedua dilakukan menggunakan tiang berkecepatan 32 kpj, disini memang paling parah saat pengetesan karna pilar, bodi, bahkan atap semua terkena dampaknya.

Tidak hanya itu, sistem keselamatan lain seperti rem ABS, EBD, Line Departure Warning serta sensor- sensor semua juga dites bagaimana kinerjanya, dengan batasan kecepatan dilakukan antara 50 hingga 75 kpj paling cepatnya.

Baca Juga : Fitur Canggih Ini Bisa Bikin BMW Seri 3 G20 Berjalan Mundur Sendiri Sejauh 50 Meter

G20 juga berhasil dalam menghadapi tes ini, hanya ada 1 kali tabrakan kecil saat simulasi kejadian orang tiba-tiba menyebrang dikecepatan 55 kpj, namun fiturnya berfungsi dalam mengurangi kecepatan, dimana sistem turut mengurangi hingga 26 kpj.

Selain itu semua, fitur Line Departure Warning juga dibuktikan berfungsi baik pada Seri 3, sehingga sensor memberi sinyal kalau kita keluar jalur.

Keamanan pada mobil ini sudah di tes, dan hasilnya cukup baik. Tapi jangan mengandalkan teknologi ya sob, karena keselamatan di jalan adalah tanggu jawab kita sendiri sebagai pengemudi.