POPULAR STORIES

Bocoran Desain McLaren Di Masa Mendatang, Terinspirasi Desain Mobil Balap

Bocoran Desain McLaren di Masa Mendatang, Terinspirasi Desain Mobil Balap Tobias Sühlmann, Chief Design Officer, McLaren Automotive. (Foto: McLaren)

KabarOto.com - DNA Desain McLaren di masa depan diwujudkan ke dalam serangkaian yang terinspirasi oleh sejarah McLaren yang kaya dalam motorsport dan dedikasi terhadap rekayasa performa yang tinggi.

Ciri khas desain tampak depan ditentukan oleh dua elemen utama yang simetris dengan orientasi horizontal dan desain bodi lancip yang rendah. Inspirasi ini berasal dari pembalap McLaren yang legendaris, seperti intake udara samping yang terinspirasi dari mobil Formula 1 seperti McLaren MP4/4.

Inspirasi model legendaris

"Elemen desain ini juga terdapat pada McLaren F1 yang legendaris serta varian LM dan GTR-nya, dengan intake udara besar yang ditempatkan di bumper depan, tepat di bawah lampu depan, dan lampu depan ‘eye-socket’ yang khas dengan intake terintegrasi yang digunakan pada McLaren 750S," ujar Tobias Sühlmann, Chief Design Officer, McLaren Automotive.

Baca Juga: 'Dicium' Mitsubishi Xpander di PIK 2 Tangerang, Intip Spesifikasi Porsche 911 GT3

Mendefinisikan ciri khas desain kendaraan McLaren di masa depan jika dilihat dari samping adalah Performance Line. Shoulder line yang ikonik ini terinspirasi langsung oleh profil pembalap ikonik McLaren Can-Am, McLaren F1, dan McLaren P1™, dan memberikan proporsi yang atletis dan condong ke depan, dengan overhang depan dan belakang yang pendek.

Tampilan belakang dari ciri khas desain ditentukan oleh ujung belakang yang terbuka, ciri desain yang diperkenalkan oleh F1 dan diinterpretasikan secara luas pada semua supercar McLaren modern, yang menghadirkan fungsionalitas pembuangan panas yang lebih baik.

Konstruksi mobil balap

Grafis garis lurus dan orientasi horizontal pada elemen desain menciptakan kesan lebar yang lebih besar dan tinggi kendaraan yang lebih rendah, untuk proporsi yang lebih rendah seperti mobil balap.

Baca Juga: Dijuluki Smart Factory, Apa Saja Fasilitas Pabrik Porsche di Leipzig?

"Model-model McLaren di masa depan akan menampilkan cockpit 'wrap-around' yang menghadirkan kejernihan penglihatan yang terinspirasi oleh DNA balap McLaren, sehingga pengemudi dapat fokus sepenuhnya pada performa berkendara, ruang interior tidak akan terasa sesak atau terganggu karena pandangan luas," tutupnya.