Bos Nissan Ungkap Alasan Livina Baru Gunakan Platform Xpander

Bos Nissan Ungkap Alasan Livina Baru Gunakan Platform Xpander All New Nissan Livina (Deni/KO)

KabarOto.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan generasi terbaru dari Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalan mereka, yakni Livina. Ubahan pun cukup mencolok mengingat All New Nissan Livina kini menggunakan basis saudara kembarnya Mitsubishi Xpander.

Meski begitu, Nissan mengklaim bahwa dalam merancang produk terbarunya tersebut mereka sangat memperhatikan setial detail dalam pengembangan mobil keluarganya itu, yang diklaim dapat mempengaruhi nama besar pabrikan.

Untuk itu Nissan pun setidaknya menyajikan beberapa perbedaan untuk dapat mempertahankan DNA Nissan Livina, yang memiliki identitas kenyamanan berkendara ala sedan.

Baca juga: Galery Foto All New Nissan Livina

Isao Sekiguchi, President Director PT NMI mengatakan, meski menggunakan platform yang sama dengan Xpander. Namun ada sejumlah perbedaan di Nissan Livina terbaru ini, agar identitas Livina tetap ada pada produk terbaru ini.

"Kami memang menggunakan platform dari aliansi Mitsubishi, tapi dalam membangun produk ini kami sangatlah hati-hati mempelajari platform itu. Agar identitas Livina pun tidak hilang," ujar Sekiguchi di sela-sela peluncuran di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Adapun alasan kuat Nissan menggunakan basis dari Mitsubishi lantaran untuk dapat memangkas biaya pengembangan, dan mengingat Mitsubishi Xpander sendiri mendapatkan animo yang besar dari para pecinta mobil keluarga di Indonesia.

"Sejak kemunculannya pertama kali, Xpander mendapatkan sambutan yang besar dari masyarakat Indonesia. Kami sangat ingin menggunakan itu, dan masyarakat sudah menunggu lama kehadiran model terbaru Livina," jelas Sekiguchi.

Baca juga: Ini Daftar Harga All New Nissan Livina, Dijual Mulai Rp 198,8 Juta

Menurut rencana Nissan pun akan memproduksi mesin Xpander, untuk dapat memenuhi permintaan yang tinggi atas MPV tersebut. "Untuk mengakomodir tingginya permintaan pasar di Indonesia, kami akan assamble mesin Xpander di pabrik Nissan," ujarnya.

Sekiguchi pun menegaskan bahwa meski memiliki basis yang sama, dan juga telah beraliansi, namun Ia menegaskan bahwa Livina akan tetap Nissan. Untuk beberapa hal pun Nissan dengan Mitsubishi tetap bersaing. "Yang pasti itu Livina tidak akan meninggalkan identitasnya," tutupnya.