POPULAR STORIES

Bosch Module Ubah Bengkel Konvensional Jadi Digital

Bosch Module Ubah Bengkel Konvensional jadi Digital Bosch Tawarkan module untuk bengkel digital

KabarOto.com - Industri otomotif menjadi salah satu yang terdampak Pandemik Covid-19, menurunnya pemasukan. Selain perusahaan otomotif besar Indonesia hingga jasa perawatan mobil atau pengusaha bengkel juga mengalami hal yang sama. Untuk itu, pemilik bengkel harus memiliki inovasi terbaru agar menarik perhatian konsumen selama pandemik ini, salah satunya menerapkan teknologi terbaru yang modern.

Hal itu membuat pemilik bengkel independen resah dengan keberlanjutan usahanya. Mereka juga khawatir ketersediaan yang berkurang dan sulit mendapatkannya. Terobosan teknologi dan digitalisasi operasional bengkel diperlukan untuk mempertahankan bisnis, bahkan memajukannya.

Baca Juga: Bosch Tawarkan Solusi Bagi Pabrikan Otomotif Tetap Produksi Di Masa Pandemik

Bosch selaku penyedia layanan dan teknologi otomotif melalui divisi otomotif Aftermarket, memiliki solusi bagi pemilik bengkel independen. Adalah Bosch Module, bermanfaat untuk mendukung pengelolaan bengkel dengan platform Workshop Management System (WSMS) berbasis cloud (diakses melalui browser dan juga aplikasi dalam iPad).

Pekerjaan mekanik bisa dipantau dengan Bosch Module (Foto: Bosch)

Bengkel ini akan menjadi solusi untuk memastikan proses kerja bengkel terintegrasi secara online, membuat pelayanan dan kegiatan teknisi terkontrol, bengkel lebih efektif dan efisien. Mobil konsumen juga bisa mendapatkan suku cadang Bosch asli bukan imitasi.

Sehingga akan mengubah cara kerja bengkel konvensional, menjadi berbasiskan digital mengikuti perkembangan atau kebutuhan pada saat ini yang praktis namun lengkap. Inilah yang dinamakan bengkel digital.

Dedy Ismanto, Channel Manager, Automotive Aftermarket Division, Bosch di Indonesia mengatakan, Bosch Module mencakup pula dukungan teknis yang meliputi pelatihan seputar produk serta pengetahuan otomotif, yang membantu para teknisi untuk bisa terus memutakhirkan keterampilannya.

“Bengkel ini punya keunggulan, dalam hal fleksibilitas dan kecakapan menangani kendaraan konsumen, tanpa membedakan merek dan juga model tertentu," terangnya.

Bengkel digital ini sangat mendukung protokol kesehatan, proses administrasi dan pengerjaan kendaraan konsumen lebih efisien dari segi waktu. "Para pelanggan tidak perlu lagi berlama-lama mengunjungi bengkel,” terang Dedy lagi.

Baca Juga: Bosch Hadirkan Aki Untuk Kendaraan Tambang, Berikut Alat Pengecasannya

Solusi yang ditawarkan oleh Bosch ini, memungkinkan pemilik bengkel memantau kinerja mekanik dan juga manajemennya. suku cadang Bosch juga bisa dilakukan pemesanan dengan mudah, mulai dari aki, busi, wiper dan lainnya. "Ini memudahkan dalam proses menjalankan bisnis perbengkelan," tambah dia lagi.