Braket Penguat Bodi Belum Terpasang, Tesla Model X Ditarik Kembali

Braket Penguat Bodi Belum Terpasang, Tesla Model X Ditarik Kembali Recall Tesla Model X 2022 (Foto: Tesla)

kabarOto.com - Tesla Model X 2022 dikirim tanpa adanya braket yang berfungsi memperkuat struktur bodi di kursi baris kedua. Oleh sebab itu, pabrikan mobil listril Amerika Serikat ini melakukan penarikan produk kembali yang melakukan perbaikan.

Tanpa braket penguat, mobil tidak memenuhi persyaratan pemuatan minimum yang ditetapkan oleh regulator di FMVSS 207 dan 210. Akibatnya, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengatakan bahwa penumpang baris kedua mungkin tidak dapat menahan diri dengan baik dalam suatu kecelakaan, dan meningkatkan risiko cidera.

Baca Juga : Setelah Akusisi Twitter Senilai Rp634 Triliun, Elon Musk Jual Saham Tesla

Menurut dokumen NHTSA, Tesla Model X sebenarnya adalah salah satu dari segelintir kendaraan yang mendapatkan bintang lima saat uji tabrak tempat duduk pra-produksi. Meskipun dibangun sesuai spesifikasi pada bulan Februari, pengujian mengungkapkan bahwa desain saat itu tidak memenuhi persyaratan pemuatan minimum.

Braket bodi yang tidak terpasang, membahayakan penumpang baris kedua

Desain kendaraan yang ditetapkan untuk produksi seri telah diperbarui dan kendaraan uji coba pra produksi ditempatkan di ruang penahanan untuk mencegah pengiriman dari pabrik. Namun, pada bulan Maret, spesifikasi yang diperbarui dipasang ke beberapa Model X percobaan.

Baca Juga : Investasi Tesla Di Indonesia Untuk Bangun Pabrik Baterai

Tesla Model X yang belum terpasang braket secara tidak sengaja dikirim ke pemilik pada 6 April lalu. Namun, ketika menyelesaikan audit manufakturnya, Telsa menemukan bahwa ia telah mengirimkan Model X karena kesalahan.

Tesla berhasil menghubungi pelanggan, dan sekarang telah mengganti kendaraan tanpa biaya kepada pemilik Tesla Model X. Dan, kendaraan baru telah dilengkapi dengan braket penguat bodi