POPULAR STORIES

Bridgestone Lunar Rover Tire, Jadi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Bridgestone Lunar Rover Tire, jadi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022 Lunar Rover Tire

KabarOto.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, dimanfaatkan oleh Bridgestone untuk memperkenalkan ban prototype Lunar Rover Tire. Karet bundar ini ini bentuknya unik, sehingga menarik perhatian pengunjung, untuk melihat dan berforo.

Lunar Rover Tire merupakan ban yang bisa digunakan di atas permukaan bulan. Dibuat untuk menjalankan misi eksplorasi luar angkasa internasional bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Bridgestone diberi kepercayaan untik mengembangkan ban yang dapat menahan kondisi keras di Bulan.

Baca juga: Bridgestone Pamer Lunar Rover Tire, Ban Yang Bisa Berjalan Di Permukaan Bulan

Tidak seperti di Bumi, permukaan Bulan dipenuhi campuran debu yang sangat halus, bermuatan listrik, abrasif, dan tajam. Belum lagi ditambah oleh bebatuan keras, dan puing-puing lainnya. Diperlukan bahan yang kuat untuk menghadapi semua itu.

Ban ini bisa berjalan di atas permukaan bulan (Foto: KabarOto))

Dalam misi “menaklukkan” Bulan, Bridgestone membentuk tapak ban yang terbuat dari bahan logam elastis seperti wol baja yang dibentuk menjadi tali tebal ban.

Setiap ban memiliki tampilan dua ban yang ditempatkan tepat bersebelahan dengan tapak yang berlawanan yang terinspirasi dari pola kuku unta. Polanya membantu ban membawa beban tanpa menembus pasir terlalu dalam.

Ban ini akan dipasangkan pada sebuah kendaraan bernama Lunar Cruiser, kendaraan yang akan membawa astronot JAXA melintas permukaan Bulan. Rencananya, kegiatan akan dimulai pada akhir 2029. Misi utama melintas dan mengeksplorasi permukaan Bulan sejauh 6.000 mil, dengan muatan hingga 4 orang astronot.

Baca juga: Pamer Ban Berkualitas Di GIIAS 2022, Bridgestone Tawarkan Promo Menarik

Head of Consumer & Commercial Business PT Bridgestone Tire Indonesia, Keisuke Nakakoji mengatakan, Lunar Rover Tire merupakan bukti pencapaian Bridgestone dalam teknologi ban untuk mengembangkan solusi ban canggih. "Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat menghadirkan prototype Lunar Rover Tire di GIIAS 2022,” terangnya.