POPULAR STORIES

Buat Lebaran, Tauco Custom Sulap Yamaha Scorpio Jadi BMW R27

Buat Lebaran, Tauco Custom Sulap Yamaha Scorpio jadi BMW R27

KabarOto.com - Arief Mulyadi, mulanya galau antara ganti motor baru atau melakukan modifikasi pada motor tunggangannya. Akhirnya hasil diskusi dengan sang putra, diputuskan untuk mengubah motor Yamaha Scorpio miliknya jadi BMW R27.

Ia pun mencari referensi dan memutuskan pilihan ke rumah modifikasi Tauco Custom Motorcycle di bilangan Tanah Baru Beji, Depok. "Banyak rujukan dan pilihan bengkel custom yang lumayan bagus, tapi saya percaya sepenuhnya sama mas Topo Goedel Atmodjo karena pengalaman dan talentanya," buka Pria asli Betawi ini.

Baca juga: Perdana, Adipro Kumpulkan Modifikasi Motor Jabodetabek Di IIMS Hybrid 2021

Awalnya, pak Andre, sapaan akrabnya, semula naksir dengan bentuk Royal Enfield. Namun, ia mengaku jatuh hati dari sisi antik dan klasiknya BMW R27, "Menyesuaikan usia, walau jiwa saya masih muda, hehe," kekehnya.

Motor tersebut diklaim memiliki identitas yang menggambarkan sosok pak Andre yang peduli dan sayang keluarga, seperti logo NFS (Nafas Andre), yang merupakan akronim dari 3 nama anak tersayangnya.

Ia juga menerapkan hal tersebut pada knalpot, tas kulit dan juga emblem khusus. Meskipun sudah ditentukan konsep dasar dari pemiliknya, namun Topo enggan meniru persis. Ubahan paling utama ada di subframe dan jarak sumbu roda atau axis distance.

"Panjang sumbu roda adalah kunci kenyamanan yang akan didapat, saya memanjangkan sumbu roda tapi masih dalam batas ideal. Tidak terlalu panjang yang kesannya mengejar bentuk aslinya," ujarnya. Ia mengaku belajar dari pengalaman tersebut yang malah tidak nyaman digunakan dan cenderung susah belok dan kaku untuk manuver.

Adapun detail bodi seperti selongsong sokbreker yang menutup as dan tabungnya untuk kamuflase bentuk aslinya yang sebenarnya model springer. Hasilnya, jadi padat dan berisi, Adapun harmonisasi body kit yang dirancang dari plat galvanis 0,9 mm.

Baca juga: Modifikasi Karma Porsche 987.2 Karya Anak Bangsa

Terakhir untuk menopang performa, mesin dilakukan bore up piston 72 dari BRT berikut pengapiannya, sekaligus porting polish dan mengganti camshaftnya dari BRT.

Karburatornya menggunakan PE28. Segi estetika, sentuhan vaporblast dan powder coating di seluruh bodi mesin pun dilakukan. Motor yang diselesaikan dalam waktu 3 bulan ini memakan dana Rp 30 juta .

Rencananya, motor ini bakal digunakan untuk riding saat lebaran. Wah, keren nih. Maaf lahir bathin ya Pak Andre!

Data modifikasi :

  • Sokbreker depan : yamaha Byson original

  • Sokbreker belakang : Variasi Ride it 34

  • Lampu depan : Daymaker spider 7 inci

  • Kemudi : Camar 16

  • Tutup tangki : Pop up type

  • Spidometer : Gorilla digital

  • Lampu belakang : variasi aftermarket

  • Lampu sein : variasi jalu + variasi aftermarket

  • Knalpot : double silencer WRC racing muffler

  • Jok + tas kulit : Bakti Leather

  • Bodi full set : pelat galvanis Tauco Custom Motorcycle

Tauco Custom Motorcycle :

Jl. Sama Berkah no 121 Rt 1 Rw 12. Tanah Baru Beji Depok
Telp : 0822 9801 3322