POPULAR STORIES

Bugatti Centodieci Coba Tembus Aliran Angin Dengan Kecepatan 300 Km/Jam

Bugatti Centodieci Coba Tembus Aliran Angin Dengan Kecepatan 300 Km/Jam Sumber foto : Bugatti

KabarOto.com – Sebuah prototipe mobil sport bernama Bugatti Centodieci diklaim mampu melesat hingga 300 kpj. Dan akan digunakan untuk mensimulasikan aliran udara melalui bawah kendaraan dan ban.

Driveshafts dibongkar sebelum pengujian untuk mencegah drive eksternal dari roda mentransfer kekuatan apa pun ke dalam kendaraan. Kendaraan kemudian diperbaiki dengan hanya empat pin kecil di bagian bawah bodi mobil dan tingginya bervariasi sesuai dengan rencana pengujian.

Baca juga: Bugatti Bolide Buka 40 Pesanan, Harganya Dibuka Rp 67 Miliar

Terlepas dari jumlah unit, setiap model Bugatti baru melewati proses pengembangan yang ketat, baik itu satu Bugatti La Voiture Noire2 atau Centodieci yang diproduksi terbatas, keduanya mendapatkan bodywork yang disesuaikan.

“Tidak ada bedanya bagi kami, dalam mengembangkan hyper sports car baik satu, sepuluh atau 500 unit pengerjaannya tetap sama. Kami memiliki standar kualitas dan keselamatan yang berlaku untuk produksi massal,” jelas Technical Project Manager for Bugatti, Andre Kullig.

Baca juga: Bugatti Butuh 4 Bulan Untuk Restorasi Veyron

Konstruksi bagian depan dibuat datar dengan bentuk tapak kuda yang lebih kecil membuat angin mengalir di sekitar kendaraan secara berbeda dibandingkan Bugatti Chiron3 atau Divo4. Sebagai hypercar yang melaju dengan kecepatan di atas 350 kpj, aerodinamis dan downthrust harus 100% tepat.

Dalam tes terowongan angin, para insinyur Bugatti memeriksa aliran udara di dalam dan di sekitar Bugatti Centodieci dengan berbagai kecepatan. Mulai dari 140 kpj, mereka menggunakan pengaturan standar untuk menentukan angka benchmark untuk perbandingan dengan hypercar Bugatti lainnya.

Baca juga: Porsche Membentuk Bugatti-Rimac Dalam Kesepakatan Usaha Patungan

“Yang penting adalah data downthrust di as roda depan dan belakang. Ini harus sempurna karena sangat penting untuk pengendalian kendaraan pada kecepatan tinggi,” jelas André Kullig.

Tujuannya adalah penanganan yang seimbang mungkin pada semua kecepatan dari 0 hingga lebih dari 300 kpj. Selain itu, temperatur mesin W16 8.000 cc bertenaga 1.578 dk juga sangat tergantung pada aliran udara samping, karena begitulah cara mesin dan pendingin oli gearbox disuplai dengan udara.

Sebagai informasi, Bugatti Centodieci diproduksi terbatas hanya sepuluh unit, semuanya terjual habis dalam hitungan jam dengan harga 8 juta euro. Pengiriman model yang sangat eksklusif akan dimulai tahun depan.