Bugatti Ungkap Rumitnya Proses Pembuatan Logonya

Bugatti Ungkap Rumitnya Proses Pembuatan Logonya

KabarOto.com – Mobil Bugatti seharga miliaran Rupiah memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Setiap sudut dari mobil dibuat begitu detail, penuh kecermatan dan dilakukan oleh ahlinya. Bahkan untuk bagian sekecil emblem atau logo. Walau kecil, namun benda ini merupakan komponen penting sebagai identitas kebanggaan Ettore Bugatti sebagai pendirinya.

Mungkin untuk pabrikan lain, logo dapat dibuat menggunakan mesin dan bisa diproduksi massal dalam waktu singkat. Tetapi berbeda dengan logo Bugatti atau Bugatti Macaron sebutannya, yang harus memakan waktu sekitar 10 jam demi merampungkan sebuah logo. Berikut penjelasan bagaimana kesulitan proses pembuatannya.

“Pentingnya Bugatti Macaron untuk merek kami saat ini ditunjukkan oleh kualitasnya yang tak tertandingi, perhatian penuh kasih terhadap detail, dan juga bobotnya. Ini adalah salah satu dari sedikit komponen pada kendaraan kami di mana bobot tidak berperan,” ujar Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti.

Baca Juga : Startech Garap Tesla Model 3 Jadi Lebih Sporty

Ide logo tersebut datang langsung dari Ettore Bugatti sendiri, saat ia menempelkan logam enamel ke gril radiator Bugatti Type 13, yang mana itu mobil Bugatti resmi pertama. Selain menampilkan nama Bugatti dengan jelas, pada bagian atasnya terdapat huruf EB sebagai inisial sang pendiri.

Selain itu ada arti tersendiri misalnya 60 titik merah yang mengelilingi logo, itu melambangkan mutiara atau benang, mengartikan menciptakan hubungan dengan keandalan dan daya tahan mobil. lalu warna, merah berarti kekuatan dan gairah, putih untuk keanggunan dan kebangsawanan, hitam untuk keunggulan dan keberanian, sehingga bukan sekadar estetika saja melainkan karya seni.

Baca Juga : Harley-Davidson Pan America Segera Datang!

Emblem itu menggunakan bahan 150 gram perak sterling 970 dan memiliki enamel gloss tinggi dengan efek 3D. Beratnya sekitar 159 gram yang cukup berat untuk sebuah emblem mobil, dan membutuhkan total 20 pekerja dan sekitar 10 jam untuk membuatnya, sebab proses enamel sangat detail. Mencairkan material perak diperlukan suhu sekitar 750 sampai 900 derajat celcius.

Kini bukan dibuat sendiri oleh Bugatti, tetapi perusahaan bernama Poellath di Jerman, baru dipercaya membuat logo ini 15 tahun lalu perdana di Bugatti Veyron 16.4. Poellath GmbH & Co. KG Münz- und Prägewerk bukanlah perusahaan anyar, tapi sudah berdiri sejak 1778.

“Tidak ada mesin yang mampu melakukan sedetail ini, karena lengkungan berbeda-beda dan permukaan yang terletak di belakang. Bagian titik juga dibuat dari enamel dan diproses dengan tangan," kata Thomas Demel, CEO Poellath.

Kabarnya, logo macaron untuk Bugatti Chiron sudah disiapkan sejak tahun 2014. Bentuknya lebih lebar 14 mm dan tinggi bertambah 8 mm bila dibandingkan milik Veyron. Kebanyakan latar logo adalah berwarna merah, tanpa disadari khusus untuk Chiron Noire atau Super Sport 300+ berwarna hitam.