Buka Ruang untuk Sponsor, Mobil-mobil F1 Bakal Lebih Lebar

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 22 Jan 2018 - 12:31
Buka Ruang untuk Sponsor, Mobil-mobil F1 Bakal Lebih Lebar
Formula 1 (Foto: Vittorio Zunino Celotto/Getty Images Europe)

KabarOto.com- Demi memberikan ruang yang lebih luas untuk logo sponsor, tim-tim yang bernaung di ajang Formula 1 sepakat untuk mengupgrade body mobil menjadi lebih luas di tahun 2019 mendatang.

Hal itu terungkap dalam meeting yang diadakan oleh F1 Strategi Group pekan lalu. Lima tim F1 yang tak disebutkan namanya telah menyerahkan proposal, dan hasilnya dua disetujui. Proyek tersebut akan dilaksanakan tahun depan.

Baca Juga: Mobil F1 Terbaru Ferrari Lulus Tes Uji Tabrak

Konsep bargeboards akan dibuat lebih rendah, sehingga memungkinkan jarak pandang yang lebih baik untuk melihat logo sponsor. Selanjutnya louvres yang terletak di bagian spoiler belakang akan dibuang, sehingga logo sponsor akan terlihat lebih jelas.

Dengan adanya perubahan dibagian body mobil, tentunya ada resiko yang dapat menggangu aerodinamika mobil dalam balapan. Seperti dilansir Autosport, Senin (22/1/2018) F1 mengatakan resiko itu saat ini tengah dibahas oleh F1 Technical Working Group.

Baca Juga: Bos McLaren Sebut Kesulitan Honda Mirip Jaguar

Tahun lalu tim-tim F1 dipaksa untuk menggunakan sirip ikan hiu (shark fin) pada mobil balap mereka. Peraturan ditentang oleh banyak tim terutama McLaren, yang mengatakan penggunaan sirip ikan hiu bisa menutupi pandangan penonton dalam melihat logo spnsor. Akhirnya regulasi itu pun dicabut, dalam rapat yang diadakan F1 Strategy Group pada akhir bulan November 2017.

Editor : bimo