Bus Double Decker Berkapasitas 11.000 Cc Ini Punya Tenaga Gahar

Bus Double Decker Berkapasitas 11.000 cc Ini Punya Tenaga Gahar Foto: Volvo

KabarOto.com - PO Sempati Star nampaknya siap mengoperasikan satu unit bus Ultra High Deck (UHD) model Jetbus 3+ besutan Karoseri Adi Putro asal Malang, Jawa Timur.

Hal tersebut dapat dilihat dalam foto-foto yang diunggah Indotruckutama di media sosial Kamis (30/5/2019), diperlihatkan satu unit bus Sempati Star yang baru saja selesai diproduksi. Bus ini diberi warna Magenta berpadu abu-abu ditambah aksen garis putih dengan tulisan Sempati Star berwarna kuning pada dinding bus.

Menilik spesifikasinya, bus double decker ini menggunakan mesin Volvo B11R yang resmi diluncurkan di pameran Bus World di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sasis Volvo B11R yang digunakan didukung sejumlah fitur keselamatan seperti disk brake atau rem cakram di setiap ban, Electronic Braking System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR), serta Electronic Stability Programme (ESP).

Baca Juga: Gunakan 24 Bus, Wahana Honda Akan Berangkatkan 1.5000 Pemudik

Mesin berkapasitas 11.000 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 430 dk dan torsi 2.000 Nm dengan dukungan Transmisi I-Shift AMT 12 percepatan.

Dengan tenaga sebesar itu, pihak Indotruck Utama sebagai distributor tunggal Volvo di Indonesia mengklaim bahwa unitnya paling gahar di kelasnya saat ini.

Masih belum ada informasi detail, satu unit bus UHD ini akan dioperasikan di trayek mana. Yang jelas dalam media sosial tertulis 'Trans Sumatra to Medan'. Apa mungkin bus premium ini melayani trayek Aceh, Medan dan lintas Sumatera? kita tunggu update selanjutnya.