POPULAR STORIES

Bus Tanpa Sopir Sebentar Lagi Beredar Di Cina

Bus Tanpa Sopir Sebentar Lagi Beredar di Cina Bus tanpa sopir buatan Cina bernama The Autonomous Rail Rapid Transit (ART). (istimewa)

KabarOto.com - Cina terus melakukan inovasi terkait kendaraan masa depan. Seperti dilansir dari Shanghaiist, Sabtu (2810/2017), Pemerintah Cina beberapa waktu lalu menguji coba bus berteknologi otonom atau tanpa sopir.

Bus tanpa sopir itu bernama The Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Media di Negeri Tirai Bambu menjulukinya sebagai bus cepat pertama di dunia.

Baca Juga:

ART merupakan bus yang memiliki desain mirip dengan kereta. Angkutan umum ini berjalan di jalan raya dan menggunakan sensor untuk jalur virtual yang akan dilaluinya tanpa sopir.

Bus ini beroperasi dengan mengandalkan tenaga listrik dan baterai, yang sanggup untuk mencapai kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam. Meski berteknologi otonom, masih terdapat ruang kemudi di bagian depan bus.

Kabin ART mampu menampung hingga 307 penumpang. Tak heran, Pemerintah Cina optimistis bus ini menjadi kendaraan paling ampuh untuk memangkas kemacetan, yang menjadi masalah utama di Cina saat ini.

ART memiliki bodi layaknya kereta dengan leburan warna hijau dan hitam. Untuk masuk ke dalam kabin, terdapat beberapa pintu geser, serta kaca-kaca berukuran besar di sisi bodi.

Untuk tahap awal, ART berjalan di jalur pendek di dalam kota. Nantinya, jalur dan sensor akan diperbanyak, sehingga bus kota mirip kereta tersebut bisa menempuh jarak 6,5 kilometer lebih panjang.