POPULAR STORIES

Cara Agar Baterai Lithium All New Suzuki Ertiga Hybrid Awet

Cara Agar Baterai Lithium All New Suzuki Ertiga Hybrid Awet Baterai lithium di Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - All New Suzuki Ertiga Hybrid merupakan LMPV baru yang dibekali teknologi modern. Salah satu komponen yang disematkan adalah baterai Lithium-ion 6 Ah 12 V dan Integrated Starter Generator (ISG). Fungsinya untuk meningkatkan akselerasi mesin dan irit bahan bakar.

Baterai ini minim perawatan, namun ada beberapa hal tidak boleh dilakukan, karena akan merusak. Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi menjelaskan, sebagai salah satu komponen vital di Suzuki Ertiga Hybrid, baterai Lithium-ion perlu pemeriksaan ringan.

Baca Juga: Rute Malang-Surabaya, Saksi Media Test Drive All New Suzuki Ertiga Hybrid

"Caranya mengikuti anjuran pemakaian agar keawetan dan usia pakai baterai terjaga dengan baik," terangnya.

Memeriksa baterai Lithium-ion dapat dilakukan secara mudah dan berbarengan bersama perawatan accu, maupun komponen lain pada kendaraan pada umumnya secara berkala.

Pengecekan bersamaan dengan periode service rutin mobil. "Kami memberi masa garansi panjang untuk baterai Lithium-ion, selama 5 tahun atau 100.000 km," tambahnya. Jika memang diperlukan penggantian baterai, dapat percayakan penanganannya kepada bengkel resmi Suzuki terdekat.

All New Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: Kabaroto)

Fungsi baterai Lithium-ion memberikan aliran listrik untuk komponen maupun fitur elektronik, sehingga dapat meringankan beban kerja mesin. Selain itu, meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang lebih baik.

Peran baterai ini sangat membantu, terutama ketika Engine Auto Start- Stop sedang aktif. Untuk meningkatkan faktor keamanan, baterai Lithium-ion dilengkapi dengan wadah kedap udara. Sehingga, baterai ini aman dari kotoran juga cipratan air.

Pemeriksaan paling mudah dilakukan, selalu memastikan sisa kapasitas daya baterai, selalu dalam kondisi penuh, caranya melihat indikator baterai Multi Information Display (MID).

Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai, caranya deselerasi regeneratif saat mengemudi, atau rutin menyalakan mesin jika mobil jarang digunakan.

Sisa daya baterai dapat berkurang secara bertahap, saat mobil tak digunakan. Hal lain dipengaruhi faktor eksternal, seperti suhu udara dan lainnya.
Hindari juga modifikasi pada komponen kelistrikan yang tak sesuai, hal itu menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: 275 Unit All New Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Terpesan Di Surabaya

Konsumen juga tidak disarankan melepas baterai Lithium-ion sendiri tanpa mekanik bengkel resmi Suzuki, menghindari menerobos banjir, menghindari temperatur di bawah -20°C dan di atas 140°C, menjaga baterai dari jangkauan anak-anak.