POPULAR STORIES

Cara Aman Melintasi Jalan Rusak Saat Naik Motor

Cara Aman Melintasi Jalan Rusak Saat Naik Motor Melintasi jalan rusak menggunakan sepeda motor

KabarOto.com - Indonesia memiliki berbagai kondisi jalan yang bervariasi, mulai dari aspal mulus, beton, berbatuan hingga berlubang. Hal itu membuat pengendara sepeda motor harus berhati-hati. Karena jika tidak memiliki teknik yang baik dalam berkendara, maka akan tergelincir dan celaka.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma Robby menjelaskan, tidak hanya menurunkan kecepatan laju sepeda motor saja, namun ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan saat melintasi jalan rusak.

Baca juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Jika guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara mengalami kecelakaan semakin besar.

Apabila kecepatan sudah sesuai dan guncangan pada motor tidak berbahaya, penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara. Kemudian pastikan kendali stang lebih kuat agar sepeda motor kita bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak.

“Jangan sampai lepas kendali karena akan menjadi lebih sulit mengontrol dan guncangan yang diterima oleh tangan kita juga akan lebih kuat,” tambah Ludhy. Ketika berada di kecepatan rendah, melewati kondisi jalan yang rusak tidak disarankan untuk menggunakan rem depan namun bisa menggunakan rem belakang.

Penggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir. Dia menambahkan, gunakan selalu kecepatan yang rendah saat melintasi jalan itu.

Baca juga: Touring Anti Pegal? Ikuti Tips Posisi Berkendara Motor Berikut

Selain itu, selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan, agar tetap dalam batas kecepatan yang wajar. "Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cidera ketika mengalami kecelakaan," tutup Ludhy. Ia juga menyarankan, sebelum berkendara, pastikan bmenggunakan selalu helm, jaket dan masker.