POPULAR STORIES

Cara Atasi Kemacetan Di Jalur Mudik Dengan Satu Arah Dan Ganjil Genap

Cara Atasi Kemacetan di Jalur Mudik dengan Satu Arah dan Ganjil Genap Pintu tol menjadi titik kemacetan, karena pengguna jalan tol melakukan tap secara bergantian (Foto: KO)

KabarOto.com - Tahun 2022, masyarakat diperbolehkan mudik ke kampung halaman, namun dengan berbagai syarat seperti wajib vaksinasi dosis tambahan (booster) dan melakukan tes rapid antigen dan swab. Sebanyak 2 juta kendaran diprediksi meninggalkan Jakarta untuk ke Jawa Barat, Tengah dan Timur.

Dalam rangka mencegah kemacetan saat mudik, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengaku sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Kebijakan One Way Dan Ganjil Genap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Polri akan menjalankan skema contra flow, satu arah (one way) dan ganjil genap. “Kami mengambil langkah intervensi, maka dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur di contra flow," terang Firman, dikutip dari NTMC Polri.

Jalan Tol Cikopo Palimanan menjadi jalur mudik masyarakat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur (Foto: KO)

Menurutnya, jika masih kurang akan dilakukan satu arah dari Jakarta menuju arah timur atau Jawa Tengah. Firman menambahkan, one way akan diberlakukan jika penerapan contra flow tidak berjalan efektif.

Ganjil genap juga akan diberlakukan demi kelancaran masyarakat selama mudik. “Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan gage secara bersamaan,” ujar Firman.

Jalan satu arah akan diberlakukan mulai 28-30 April 2022. Firman juga mengimbau, masyarakat agar melihat pelat kendaraan yang digunakan untuk mudik sesuai dengan tanggalnya.

Baca Juga: Polri Prediksi, Puncak Arus Mudik Terjadi 28-29 April 2022

“Dari jumlah kendaraan yang diprediksi juga akan mudik, one way akan kita lengkapi dengan ganjil genap," tambahnya. Ini akan diinformasikan kembali kepada masyarakat, supaya bisa menyiapkan diri sebelum berangkat.