Cara Cepat Ketahui Kaki-Kaki Motor Sudah Loyo

Cara Cepat Ketahui Kaki-Kaki Motor Sudah Loyo

KabarOto.com - Pepatah lama mengatakan, Mencegah lebih baik dari mengobati, itu juga sangat berhubungan dengan sepeda motor. Dengan pencegahan dan perawatan yang tepat, dipastikan motor akan tetap nyaman dan aman. Tidak perlu ke bengkel, pemeriksaaan motor juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Technical Service Function, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) menjelaskan tiga unsur penting mencegah dan merawat sepeda motor agar selalu nyaman dan aman saat dikendarai. Berikut beberapa komponen yang patut diperhatikan.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Dan Motor, Begini Caranya

Komstir bermasalah bila ditemukan bunyi aneh saat melakukan pengereman

Komstir. Bagian yang bermasalah akan menimbulan bunyi aneh ketika direm. Bunyi tersebut pertanda penyetalan yang kendor dan perlu dikencangkan.

Komstir dalam kondisi baik dapat dicek saat diam. Posisikan standar utama, gerakakn stang ke kiri dan kanan dan harus bergerak lancar tidak berat ataupun seret.

Jika ada kendala muncul, segera datangi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) karena penyetelan komstir ini harus menggunakan beberapa kunci spesial.

Menggoyang tabung suspensi memeriksa kerenggangan komstir

Suspensi depan. Peredam kejut yang masih baik memiliki tingkat rebound atau mantul yang baik. Jika ada rasa keras ataupun rebound tidak baik maka perlu pengecekan kebocoran sil dan kondisi per. Adanya rembesan minyak pada batang shock, dipastikan sil suspensi tersebut mengalami kebocoran.

Cara merawatnya bersihkan batang shock agar kotoran tidak menempel terlalu lama dan mengeras yang dapat membuat gesekan dan masuk merusak sil suspensi. Pengecekan dan perawatan yang sama juga dapat dilakukan untuk suspensi bagian belakang, namun shockbreaker belakang yang sudah bocor ataupun keras jadi pertanda untuk penggantian part baru.

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Bearing Roda. Untuk melihat terjadi atau tidak gangguan pada bagian ini, putar roda dengan daya sedang, dan pastikan roda berputar lancar. Pegang roda dengan tangan kanan, sedang tangan kiri pegang suspensi. Gerakkan roda ke arah samping kanan-kiri. Jika bisa bergerak atau terdapat celah maka kondisi bearing sudah tidak maksimal dan harus diganti.