Cara Kerja Sistem Hybrid Pada Toyota Kijang Innova Zenix

Cara Kerja Sistem Hybrid Pada Toyota Kijang Innova Zenix All New Toyota Kijang Innova Zenix (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - All New Toyota Kijang Innova Zenix dibekali Toyota Hybrid Sistem generasi ke-5. Di mana, sistem ini diklaim mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik, sehingga menghasilkan performa superior, efisiensi lebih baik, dan rendah emisi gas buang.

Menggunakan jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV), Hideki Mizuma, Chief Engineer Toyota Motor Corporation menjelaskan kinerja Hybrid di Toyota Innova Zenix.

"Baterai jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) ditempatkan pada dua kolong jok depan. Energi listrik dari baterai diteruskan ke motor listrik melalui generator, untuk menggerakkan roda depan."

Baca juga : Perbandingan Mesin Toyota Kijang Innova, Simak Datanya

Mesin hybrid berkode M20A-FXS 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.987 cc

Kemudian sumber energi kedua, berasal dari pembakaran mesin M20A-FXS dengan siklus Atkinson. Mesin ini menghasilkan tenaga pembakaran untuk menggerakkan roda depan, sekaligus mengisi daya baterai lewat generator.

"Sistem hybrid ini bisa bekerja secara individual masing-masing atau bersamaan, secara otomatis bergantian sesuai kebutuhan," jelas Mizuma.

Pada mode EV, mobil bisa melaju sepenuhnya hanya dengan energi listrik dari baterai. Ketika kapasitas baterai mulai berkurang.

Dalam kecepatan rendah, mesin akan menyala namun hanya untuk melakukan pengisian daya baterai melalui generator. Saat pedal gas diinjak lebih dalam, otomatis baterai nonaktif dan laju mobil digantikan oleh mesin.

Baca juga : First Drive - Jajal Singkat Toyota Kijang Innova Hybrid Zenix

Mizuma menambahkan, saat menggunakan mode eco dan normal, kedua sumber tenaga saling bergantian, tergantung dari kondisi kapasitas baterai dan kebutuhan distribusi tenaga.

Saat mode sport diaktifkan, energi listrik dan mesin pembakaran sepenuhnya menggerakkan roda, untuk mencapai performa optimal.

Output tenaga mesin sebagian besar disalurkan ke roda penggerak. Sedangkan, sebagian lagi disalurkan ke generator untuk mengisi daya baterai.

"Baterai terus terisi untuk menyalurkan energi listrik ke motor listrik, dan menggerakkan roda bersamaan dengan mesin," pungkas Mizuma.

Toyota Kijang Innova Zenix menggunakan mesin berkode M20A-FXS 4 silinder DOHC Dual VVT-i kapasitas 1.987 cc namun ada tambahan motor listrik, sehingga mampu menghasilkan tenaga 186 dk dan torsinya 187 Nm. Semuanya disambung ke transmisi CVT penggerak roda depan.