POPULAR STORIES

Cara Korlantas Siapkan Operasi Ketupat 2023 April Mendatang

Cara Korlantas Siapkan Operasi Ketupat 2023 April Mendatang Ilustrasi (KabarOto.com)

KabarOto.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan survei kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Survei dilakukan agar Operasi ketupat 2023 berjalan lebih baik dan tertib dibandingkan tahun sebelumnya.

Survei dilaksanakan menggunakan lembaga survei komprehensif agar dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran bisa merasa aman.

“Dengan demikian melakukan operasi ketupat yang akan datang bisa sukses seperti tahun 2022,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip Antara, Rabu (4/1).

Baca Juga: Bus Listrik Zhongtong Bus 12 Meter Calon Armada Transjakarta

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan catatan evaluasi pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 yang belum sempurna akan diperbaiki, seperti cara bertindak dalam menghadapi lonjakan kendaraan yang melintas di jalur-jalur mudik dan jalan tol.

Berdasarkan catatan evaluasi Operasi Ketupat 2022, kata dia, ada satu ruas jalan yang belum menjadi pilihan masyarakat, yaitu Jalur Pantai Selatan (Pansela).

“Jalur ini jalannya bagus tapi belum ada penerangan, kurang tempat pengisian BBM, dan kurang tempat makan sehingga masyarakat yang mudik cenderung memilih jalan tol dan arteri,” jelas Irjen Firman Shantyabudi.

Terlebih pola pergerakan pemudik pada bulan Ramadan, karena siang hari tengah puasa sehingga banyak yang memilih perjalanan malam hari. Hal ini menjadi penyebab Jalur Pansela kurang diminati karena minim penerangan.

Padahal, jalur tersebut lebih cepat karena jarak tempuh lebih singkat sehingga masyarakat lebih bugar melakukan perjalanan.

“Catatan ini sudah disampaikan kepada Pak Presiden dan Menteri PUPR dan evaluasi kami jalan ini bagus,” kata Firman.

Baca Juga: Kenalan Dengan Bus SAG Golden Dragon Bus EV Transjakarta

Ia mengatakan dengan pencabutan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maka pergerakan masyarakat yang ingin mudik Lebaran 2023 akan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Sebagai contohnya pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, kata dia, pergerakan masyarakat yang mengisi liburan meningkat diperkirakan 44,4 juta masyarakat melakukan perjalanan.