POPULAR STORIES

Cara Manfaatkan Jok Mobil Baris Ke-3 Agar Terasa Lapang

Cara Manfaatkan Jok Mobil Baris ke-3 Agar Terasa Lapang Kipli

KabarOto.com - Segmen SUV 7-seater, memang kerap menjadi pilihan keluarga Indonesia yang butuh kendaraan dengan daya tampung lebih banyak, tentunya banyak beranggapan harus didukung kapasitas penumpang dan bagasi yang lebih luas.

Memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang sedan dan hatchback, SUV atau MPV memiliki kelebihan berupa 3 baris kursi. Kapasitas bagasi dapat menjadi lebih luas jika kursi baris ke-3 dilipat atau dilepas.

“Jika kursi baris ketiga tidak difungsikan dapat dilipat ke dalam, memang kapasitas bagasi belakang jadi lebih luas. Tapi kalau ingin membawa penumpang lebih dari 5 orang, maka kursi baris ke-3 berjumlah 2-seater dapat dengan mudah difungsikan. Meskipun kursi baris ke-3 idealnya hanya untuk penumpang berusia 12 tahun,” jelas Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Baca juga: Test Drive Toyota Corolla Cross Hybrid - SUV Rasa Sedan

Kursi baris ke-3 ini diperuntukan untuk penumpang berusia 12 tahun, atau setara postur tingginya 140 cm. Bukan berarti kapasitas ruangnya terlihat makin sempit, hanya saja memanfaatkan ruang yang ada untuk menampung lebih banyak penumpang atau barang bawaan.

Beberapa mobil memiliki rancangan pada kursi baris kedua yang posisinya masih bisa diatur maju-mundur. Hal tersebut memiliki keuntungan di kaki penumpang di belakang agar tidak cepat lelah.

Baca juga: First Impression All New Toyota Corolla Cross Hybrid

Langkah memaksimalkan kursi baris ketiga tentu bisa dilakukan Sobat dengan cara mudah dan cepat. Jika ada, luggage space atau rak portable di bagian belakang kursi baris kedua dilepas dari rumah. Kemudian alas bagasi dilipat ke belakang agar lipatan kursi baris ketiga terlihat dengan jelas.

“Langkah selanjutnya tarik tali webbing warna hitam yang ada di panggung kursi, disertai mengangkat bagian kursi hingga posisinya berdiri tegak. Pastikan posisi kursi sudah tepat dan terkunci dengan benar untuk hindari kesalahan. Lalu untuk kenyamanan kaki selama di kabin, posisi jok baris kedua tinggal diatur sesuai kebutuhan,” imbuh Samsudin.