POPULAR STORIES

Cara Merawat Sendiri Jok Fabric Di Rumah, Mudah Sob!

Cara Merawat Sendiri Jok Fabric di Rumah, Mudah Sob!

KabarOto.com – Jok mobil memang kebanyakan masih menggunakan bahan kain atau fabric. Ada beberapa kelebihan menggunakan bahan ini, di antaranya mengurangi panas saat diduduki ketika mobil terjemur.

Namun kekurangannya pun cukup membuat repot, misalnya saja mudah kotor dan menyerap air. Oleh karena itu kita harus hati-hati dalam perawatannya, serta segera membersihkannya ketika kotor. Berikut ini adalah tips merawat jok fabric di rumah.

Jok fabric mudah kotor.

Baca Juga : Road To IMX 2021 Di Pekanbaru, Toyota 86 Jadi Yang Terbaik

Segera bersihkan sisa kotoran kering atau debu tebal dengan cara ditepuk terlebih dahulu agar debunya keluar, lalu sedot menggunakan vacuum. “Bahan fabric lebih kepada kotor debu, caranya tinggal ditepuk-tepuk pelan saja agar debunya keluar, lalu di vacuum supaya debu terangkat,” ujar Tommy punggawa DressUp Autodetailing.

Apabila kotorannya bersifat basah seperti susu, saus, atau minuman ringan dan sebagainya. Caranya pun cukup simpel kok, “Gunakan lap plas chamois lembab, lalu ditekan pada bagian yang kotor hingga nodanya terangkat lalu dilap saja.” Jelas pria ramah itu.

Gunakan pembersih interior lalu sikat.

Untuk menyempurnakannya, kalian juga bisa gunakan interior cleaner yang dijual di pasaran, harganya tidak mahal sekitar Rp 50-100 ribuan di Marketplace. Semprotkan cairan pembersih, sikat hingga noda hilang, lalu pakai plas chamois lembab lagi guna mengangkat kotorannya, dan keringkan.

Baca Juga : Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25, Perayaan 25 Tahun Kerjasama Di Balap

Gunakan coating fabric sebagai proteksi.

Sebagai proteksi tambahan, bahan fabric sekarang sudah bisa di-coating loh. Efeknya, jok fabric jadi seperti daun talas yang anti air. Kalian bisa membeli cairan coating di marketplace, harganya pun beragam mulai dari Rp 80 – 450 ribu sesuai kualitas dan kebutuhan. Namun kalau mau lebih simpel dan terima jadi di tempat detailing harganya juga tidak terlalu mahal loh, cukup Rp 800 ribu bahan fabric sudah anti air.