Cara Mudah Membedakan Bearing Asli Dan Palsu

Cara Mudah Membedakan Bearing Asli dan Palsu Bearing roda pabrikan sepeda motor (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com – PT SKF Indonesia merupakan produsen yang khusus memproduksi berbagai jenis bearing untuk pabrikan mobil dan sepeda motor.

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, SKF Indonesia menghadirkan bearing roda depan, mesin, transmisi, spacer hingga roda belakang.

Selain itu, SKF Indonesia juga mengedukasi untuk membedakan antara bearing asli dan palsu.

Baca juga: Cek Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak

Bearing roda motor

Muhammad Abiyyu Hanif selaku Application Enginer SKF Indonesia mengatakan, "Bearing adalah komponen yang riskan dipalsukan dan sudah banyak beredar dipasaran."

Cara paling mudah mengetahui bearing asli dengan palsu bisa dilihat dari kemasannya. Di mana, SKF mendesain hologram khusus yang apabila dipanaskan atau digosok akan muncuk logo SKF.

Hologram untuk mengetahui keaslian produk ada di belakang kemasan. Selain dari bungkus, bearing asli memiliki cetakan merek, kode produksi hingga ukuran yang presisi," jelas Hanif.

Baca juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

Semua cetakan kode ini ada di bearing bagian samping, tepatnya di outer ring. Bearing palsu pasti cetakan merek, kode produksi pasti miring dan tidak jelas.

Sebagai informasi, bearing motor merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peranan penting untuk membuat gerakan mekanis.

Komponen ini perlu sering diperhatikan, Apalagi jika motor tersebut sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang harus menumpu beban berat.