POPULAR STORIES

Cara Mudah Merawat Mobil Pikap Agar Tetap Terjaga Kondisinya

Cara Mudah Merawat Mobil Pikap Agar Tetap Terjaga Kondisinya Mobil pikap yang masih terjaga kondisinya

KabarOto.com - Kendaraan komersial ringan atau pikap, biasanya digunakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk menjalankan kegiatannya. Mobil ini biasan membawa barang-barang dengan jumlah banyak serta melintasi berbagai kondisi jalan.

Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS, menjelaskan, beberapa anjuran penggunaan dan perawatan mobil pikap yang benar, agar bisa terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama.

Berikut cara merawatnya:

1. Perhatikan Kondisi Ban
Perawatan ban atau roda dapat dilakukan sebelum kendaraan digunakan, perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku pedoman.

Baca juga: Suzuki Carry Pikap Jadi Kendaraan Niaga Terlaris

Ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi dari Bengkel Resmi Suzuki.

2. Merasakan Kinerja Pengereman dan Kopling Lewat Pedal
Pengereman dan kopling mobil pikap menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain. Kinerjanya harus diperhatikan dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Kemudian, pengendara juga perlu meminta mekanik bengkel melakukan pengecekan kanvas rem, volume minyak rem dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

3. Perhatikan Fungsi Lampu dan Wiper
Pastikan semua lampu lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari.

Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu. Merawat wiper merupakan hal esensial saat musim hujan agar menghasilkan pandangan yang lebih maksimal. Periksa fungsi karet wiper dan isi cairan wiper secara rutin sesuai standar volume yang disarankan.

4. Lakukan Servis Berkala secara rutin di Bengkel Resmi Suzuki
pengguna mobil pikap bisa melihat panduan jadwal servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di buku servis dan garansi atau mengikuti reminder yang sudah
dijadwalkan oleh bengkel resmi.

5. Tepat Dalam Membawa Jumlah dan Bobot Muatan
Mobil pikap memang diatur untuk membawa barang, namun penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik. Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang.

Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan. Hariadi menyarankan kepada pengendara untuk tidak mengangkut barang melebihi batas berat maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan.

Baca juga: Profil - Suzuki New Carry Pikap, Lebih Kokoh Dan Kuat

6. Hindari membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar
Membawa bahan material atau cairan yang mudah terbakar dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal bensin, solar, oli, minyak sayur dan
chemical cairan lainnya.

Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah. Jika terjadi kebakaran yang dipicu dari hal tersebut diatas maka pikap Anda tidak bisa beroperasi secara normal menemani aktifitas sehari-hari Anda.

7. Jaga Kebersihan Interior
Menjaga kebersihan bagian dalam kendaraan juga merupakan poin penting. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap nyaman dan membuat kendaraan lebih awet karena
terjaga kebersihannya.

Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan
dan gunakanlah pengharum ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.