POPULAR STORIES

Cara Mudah Rawat Rantai Keteng Tahan Lama

Cara Mudah Rawat Rantai Keteng Tahan Lama Rantai keteng sepeda motor (Foto: Istimewa)

Bro n Sist para bikers pasti sudah kenal dan tahu degan yang namanya rantai keteng, rantai keteng merupakan rantai yang berputar dengan sistem penerimaan putaran dari Crankshaft, dimana putaran tersebut digunakan untuk menggerakkan Camshaft pada bagian kepala silinder. Posisi rantai keteng yang tersembunyi yang tidak terlalu membutuhkan perawatan, hanya dengan pengecekan sesekali saja. Camshaft pada kepala silinder berfungsi mengatur buka tutup dari klep-klep, guna mengatur gas masuk dan gas keluar pada ruang pembakaran. Dan inilah komponen yang membuat motor melaju cepat atau lambat, yang bekerjasama dengan rantai keteng, bagaimana cara mudah merawat rantai keteng agar tetap tahan lama.

Cara merawat rantai keteng tidaklah terlalu sulit, dan tidak membutuhkan perawatan khusus hanya dengan pengecekan sekali kali saja, agar rantai keteng tetap bekerja maksimal. Rantai keteng yang biasa digunakan pada motor matik, bebek dan batangan, biasanya tidak terlihat dari luar yang berarti kemungkinan rantai lepas sangat jauh.

Meski keadaan rantai keteng tersembunyi, dan kemungkinan lepas jauh. Rantai keteng memiliki efek melar yang dapat menyebabkan putaran Crankshaft tidak maksimal saat beroperasi, yang berdampak putaran pada Camshaft tidak akurat. Selain itu juga dapat menimbulkan putusnya rantai keteng di dalam mesin, yang berakibat fatal.

Apabila rantai keteng putus didalam mesin hal fatal yang di timbulkan adalah kerusakan mesin, dan lebih parahnya lagi dapat menimbulkan pecahnya mesin motor. Yang diakibatkan oleh serpihan rantai keteng yang masuk kedalam gearbox dan kepala silinder, dan mempengaruhi kerja part part mesin bagian dalam yang sedang beroperasi.

Kejadian seperti ini ditimbulkan oleh keadaan rantai keteng yang mengalami kehausan, setelah pemakaian tiga hingga lima tahun. Selain itu ada beberapa penyebab lain seperti, suhu mesin yang terlalu panas melebihi standar motor, putaran mesin yang terlalu tinggi karena sering dipacu berlebihan, sampai penggantian oli yang tidak berkala.

Berikut beberapa cara mudah merawat rantai keteng agar tahan lama.

. Pergantian rutin, lebih rutinlah memeriksa keadaan mesin, minimal 10 bulan sekali. Lakukanlah pergantian rantai keteng secara rutin dan berkala, dan berkonsultasilah kepada mekanik yang terpercaya agar keadaan rantai keteng dapat selalu terpantau keadaannya, dan menghindarkan resiko fatal yang diakibatkan putusnya rantai keteng di dalam mesin motor.

. Ganti oli berkala, fungsi oli adalah sebagai pelumas part part didalam mesin saat beroperasi. Dengan melakukan penggantian oli secara berkala akan membuat kerja mesin lebih sempurna dan menghasilkan performa yang maksimal, juga membantu menjaga keawetan rantai keteng.

. Hindari pemakaian yang berlebihan, gunakanlah motor dengan sewajarnya, jangan terlalu memaksakan motor untuk melaju dengan kencang, karena mengakibatkan mesin berputar dengan cepat dan menimbulkan mesin dan rantai mengalami overhead (panas melebihi batas normal), dan menyebabkan rantai melar dan bisa berakibat putus sewaktu waktu.

Nah Bro n Sist, sebaiknya gunakan motor dengan sewajarnya, jangan terlalu melebihi batas normal. Demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara, semoga bermanfaat dan selalu safety riding.

baca juga: