Cara Setel Mercedes-AMG GT Black Series Agar Kencang Di Nurburgring-Nordschleife

Cara Setel Mercedes-AMG GT Black Series Agar Kencang di Nurburgring-Nordschleife

KabarOto.com - Mercedes-AMG GT Black Series terbaru sepertinya kian membuat para penggemar kecepatan tergiur. Sebab meski tanpa modifikasi apapun alias standar, mampu torehkan waktu tercepat 6:43,616 detik kelilingi Nurburgring-Nordschleife sepanjang 20,5 km. Sedangkan untuk total lintasan 20,8 km bubuhkan waktu 6:48,047 detik.

Yup, Mercedes-AMG GT Black Series mengukuhkan sebagai mobil produksi tercepat kelilingi sirkuit terpanjang tersebut. Catatan waktu ditorehkan oleh pembalap GT3 yakni Marco Engel. Kondisinya juga terbilang tak seluruhnya kering.

Baca juga: Kia Sorento Sudah Disiapkan Aksesorinya, Simak!

Mercedes-AMG GT Black Series memang bukan sportscar biasa. Mesin yang diusung adalah V8 biturbo. Lebih tepatnya berkapasitas 3.982 cc, muntahkan tenaga hingga 720 dk pada 6.700-6.900 rpm dan torsinya 800 Nm pada 2.000-6.000 rpm.



Hanya andalkan sistem gerak roda belakang, cengkeramannya terbilang maksimal. Hal tersebut berkat penggunaan Michelin Pilot Sport Cup 2 R MO, kompon lunak. Ban ini diyakini sebagai standar untuk diajukan ke jajaran teratas AMG GT. Tak ketinggalan sistem pengereman yang andal untuk jajaran AMG GT performa tinggi berupa cakram keramik komposit.

"Mengendarainya sangat impresif," ujar Marco Engel usai torehkan catatan waktu tercepat. "Kecepatan tinggi hampir 270 kpj di wilayah Kesselchen kemudian bisa lebih tinggi 300 kpj saat lintasi jalur lempeng di Döttinger Höhe."



Engel bahkan terkesima dengan kecepatan tinggi Mercedes-AMG GT Black Series karena bisa lebih cepat dari mobil balap GT3 tunggangannya. "Seperti mobil balap GT3 saya, AMG GT Black Series ini hadirkan penyesuaian, kesemuanya bisa disetel sesuai dengan keinginan saya."

Saat penyetelan dengan mode "Race", suspensi AMG coilover dengan adaptive damping dibuat rendah 5 mm untuk depan dan 2,5 mm di belakang agar memaksimalkan diffuser. sudut ban juga dibuat negatif 3,8 derajat di depan dan 3 derajat di belakang.

Baca juga: Tak Tanggung-Tanggung, 3 BMW M Terbaru Meluncur di BMW Exhibition

Adapun untuk anti-rol bar diposisikan paling keras dari tiga setelannya. Kontrol traksi dari sembilan setelan, pembalap berusia 35 tahun ini bermain di antara posisi 6 dan 7 bergantung kondisi lintasan.

AMG GT Black Series memang benar-benar standar seperti keluar dari fasilitas produksi. Bahkan termasuk paket aerodiamika yang diusung, sesuai dengan mobil balap. Mulai dari kap mesin serat karbon serta dua pipa knalpot besar. Sayap besar di belakang hingga setiap sudut penunjang aerodinamika.