POPULAR STORIES

Cara Yamaha Global Minimalisir Tingkat Kecelakaan Di Jalan Raya

Cara Yamaha Global Minimalisir Tingkat Kecelakaan di Jalan Raya Motor terbaru Yamaha dengan fitur cangguh (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Yamaha Motor Co., Ltd menghadirkan cara baru dalam menjalankan visi keselamatan berkendara, untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

Melalui gagasan baru ini, Yamaha tidak hanya berfokus menciptakan hubungan erat antara pengendara dan sepeda motor, namun meningkatkan aspek keselamatan.

Filosofi tersebut memiliki pendekatan pada 3 pilar utama, yaitu Teknologi, Keterampilan Pengendara dan Konektivitas, yang tujuannya mengurangi angka kecelakaan secara signifikan, bersama pelanggan.

”Yamaha Motor juga berupaya menuju pencapaian angka nol kecelakaan lalu lintas yang fatal di tahun 2050, kami ingin mewujudkan tujuan bersama dengan para pelanggan,” ungkap Yoshihiro Hidaka selaku President, Chief Executive Officer and Representative Director, Yamaha Motor Co., Ltd.

Salah satu upaya mewujudkan keselamatan berkendara adalah dengan implementasi Teknologi, Keterampilan Pengendara dan Konektivitas.

Baca Juga: Yamaha Tracer 9 GT+ 2023 Meluncur Di EICMA 2022, Dibekali Adaptive Cruise Control

Adanya teknologi ini, akan mendukung pengendara mengetahui kondisi terkait kendaraan di sekitarnya, status regulasi lalu lintas, potensi risiko dan lainnya. Akan membantu pengendara dalam mengenal dan mengambil keputusan saat berkendara.

Selain itu, jika terjadi kecelakaan, dapat melindungi penumpang dan menginformasikan mengenai kecelakaan, sehingga mengurangi dampak kerusakan pada motor, maupun hal yang membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

Yamaha Tracer 9 GT+

Contoh bantuan dari teknologi tersebut yaitu Radar-linked Unified Brake System, dan fungsi Adaptive Cruise Control (ACC), yang dapat ditemui pada motor Tracer 9 GT+. Dijadwalkan akan dirilis tahun depan.

Adapun fitur lain seperti menyesuaikan tekanan pada rem depan dan rem belakang, berhubungan dengan kecepatan kendaraan lain yang berada di depan, walaupun dengan pengereman yang tetap.

Menyesuaikan redaman pada suspensi depan dan belakang secara bersamaan. Memberikan kontribusi untuk deselerasi yang cepat dan stabilitas baik.

Adaptive Cruise Control (ACC) dan unified brake linking millimeter wave radar, berfungsi mengontrol kecepatan secara otomatis saat kecepatan tetap, deselerasi dan akselerasi.

Pemberitahuan pada dasbor kepada pengendara, bahwa ada kendaraan lain yang posisinya terlalu dekat saat ACC diaktifkan.

Baca Juga: Mau Coba Sensasi Kendarai Motor Listrik Yamaha E01? Berikut Caranya

Selain itu, membantu pengendara menambah tekanan rem saat sistem mendeteksi bahwa tekanan kurang, dan pengendara terlalu dekat dengan kendaraan lain.

Lalu terkait keterampilan pengendara, Yamaha akan melakukan ekspansi kelas safety riding, dengan mengenalkan program Yamaha Riding Feedback System.

Tujuannya, untuk menganalisa kondisi berkendara dan menyediakan feedback dalam bentuk poin untuk meningkatkan skill.

Selain itu juga ada program micro-learning, menyediakan video pembelajaran mengenai safety riding pada handphone, atau perangkat komunikasi lainnya.