POPULAR STORIES

Cat Ulang Jadi Solusi Cepat Atasi Rangka ESAF Honda Karatan

Cat Ulang Jadi Solusi Cepat Atasi Rangka eSAF Honda Karatan Proses pengecatan rangka eSAF (Foto: JK Motoworks/Kabaroto)

KabarOto.com - Belum ada kejelasan apakah PT Astra Honda Motor (AHM) akan melakukan penarikan produk kembali terkait kasus rangka eSAF (Enhanched Smart Architecture Frame) yang berkarat.

AHM sendiri sudah membuka jalur penyampaian keluhan terkait rangka eSAF melalui layanan telepon 1-500-989, email [email protected] atau sms 0811-9-500-989. Selain itu, konsumen juga bisa datang langsung ke bengkel resmi Honda (AHASS) terdekat untuk melakukan perbaikan sesuai kondisi motor.

Jika pemilik skutik Honda yang sudah menggunakan rangka eSAF khawatir terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kepada motornya, bisa melakukan pengecatan ulang terhadap rangka motor sebagai solusi alternatif.

Baca Juga: Kemenhub, KNKT Dan AHM Bentuk Tim Investigasi Rangka ESAF

Karat yang muncul di rangka motor diakibatkan oleh lapisan cat terlalu tipis

JK Motoworks menawarkan jasa pengecatan rangka motor yang diklaim dapat mengurangi resiko munculnya karat pada rangka motor.

Yuka Farresto, pemilik JK Motoworks menjelaskan bahwa kalau dari cat, lapisan cat yang tipis pada rangka itu bisa menyebabkan rontok dan karat, bahkan bisa menjalar ke bagian lain.

"Tapi dengan dicat ulang dan lebih tebal, maka bisa terhindar dari cat rontok hingga menjadi karat. Rangka bagian dalam juga kita semprot, supaya lebih kuat," jelas Yuka.

Baca Juga: Honda Dianggap Blunder Soal Klarifikasi Rangka ESAF Karatan

Rangka eSAF pada skutik Honda

Sebagai informasi, pengecatan rangka motor yang dilakukan JK Motoworks terbagi menjadi beberapa tahap.

Proses cat rangka awalnya amplas dulu bagian cat bawaan, kemudian dikasih lapisan anti-karat barengan dengan epoxy, jadi berupa cairan khusus untuk anti-karat. Proses pengeringan epoxy itu memakan waktu 24 jam, beda dengan epoxy body yang 1 jam langsung kering.

Tidak perlu dioven tapi dibiarkan saja. Setelah cat dasar, kemudian cat warna, kalau cat di sini warnanya bisa sekalian request, sekalian modifikasi. Setelah warna tadi, langsung di-clear.