Catat, Ini Jadwal Ganjil Genap Dan One Way Di Tol Cikampek

Catat, Ini Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Tol Cikampek Contra Fol, ganjil genap dan one way akan diberlakukan saat mudik Lebaran 2022 (Foto: KO)

KabarOto.com - Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan memprediksi, arus mudik akan terjadi pada 28 - 30 April 2022. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol Trans Jawa, Kepolisian akan menerapkan sistem one way dan ganjil genap.

Lalu kapan akan diberlakukan sistem tersebut? Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, hari ini (28/04) akan diberlakukan Operasi Ketupat oleh kepolisian.

Baca juga: Pelanggar Ganjil Genap Saat Mudik Akan Dikeluarkan Ke Pintu Tol Terdekat

Jalur tol Trans Jawa yang akan dipadati pemudik (Foto: KO)

Ganjil genap dan One Way akan diberlakukan mulai pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB, mulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung Km 414.

Berakhir dan perpanjangan pelaksanaan ganjil genap dan satu arah, menurut Gatot Repli Handoko, sifatnya situasional diskresi kepolisian. Atau dengan kata lain melihat keadaan saat itu.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, agar perjalanan mudik masyarakat lancar, akan diterapkan berbagai upaya, seperti sistem one way, contraflow sampai ganjil genap. Pihaknya mengambil langkah intervensi, karena dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yang paling sederhana.

Baca Juga: Kebijakan One Way Dan Ganjil Genap Digunakan Saat Mudik Lebaran

"Ini mulai dari menambah satu lajur di contraflow. Apabila masih kurang, akan diterapkan one way dari Jakarta menuju arah timur," ucap Firman Shantyabudi. Pelaksanaan satu arah dan ganjil genap ini menurut rencana akan diberlakukan selama tiga hari, dimulai pada 28-30 April 2022.