Catatan Lima Produk Kolaborasi Toyota Dan Daihatsu Di Indonesia

Catatan Lima Produk Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia

KabarOto.com – Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah dipastikan akan meluncur pada hari ini, Jum’at (30/4). Kedua produk ini akan menjadi kolaborasi kelima antara dua pabrikan mobil dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia.

Di Indonesia, kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu telah berlangsung selama hampir dua dasawarsa yaitu sejak 2003. Semua produknya diproduksi di dalam negeri, di mana untuk produk tertentu sudah memiliki komponen lokal bahkan mencapai 95%.

“Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.

Baca Juga : Pompa Bahan Bakar Rusak, Toyota Avanza Kena "Recall"

Nah, untuk mengulas lebih dalam. KabarOto akan mencoba merangkum produk-produk hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang diluncurkan di Indonesia.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Produk kolaborasi pertama adalah duo Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003. Dan mulai dipasarkan pada tahun 2004.

Mengisi segmen MPV tujuh penumpang, dua produk ini sukses mencuri hati konsumen di Indonesia dengan kapasitas sebuh mobil keluarga dengan relatif terjangkau. Dua produk ini sempat menguasai penjualan mobil di Indonesia hingga beberapa waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Harian Sampai Blusukan, Daihatsu Terios Andalkan Fitur Ini

Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Produk kolaborasi selanjutnya adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios pertama kali hadir pada tahun 2006.

Dari generasi pertama hingga bertransformasi menjadi model terbarunya, dua produk ini mengisi segmen SUV dengan harga kurang dari Rp300 juta.

Baca Juga : Ini Beda Harga New Toyota Agya Dan New Daihatsu Ayla

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Produk kolaborasi ketiga adalah dua LCGC yang mengisi segmen mobil perkotaan dan menjadi produk termurah dari Toyota dan Daihatsu.

Dua produk ini hadir pertama kali hadir pada tahun 2013 dan sudah beberapa kali mengalami penyegaran produk. Soal penjualan, keduanya bisa terjual rata-rata 5 ribu unit per bulan. Cukup sukses ya Sob!

Baca Juga : Meski LCGC, Daihatsu Sigra Tetap Dilengkapi Fitur Keamanan Dan Kenyamanan

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Pertama kali diperkenalkan ke publik pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, dua mobil ini menjadi produk kolaborasi keempat dari Toyota dan Daihatsu.

Saat kehadirannya, keduanya mengisi segmen mobil murah dengan kapasitas penumpang hingga tujuh penumpang dengan dua kursi tambahan di baris ketiga.

Soal penjualan, untuk Daihatsu Sigra sendiri sempat menjadi produk terlaris Daihatsu hingga Agustus 2019.

Baca Juga : Ini Komentar Nissan Indonesia Soal Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Nah, produk kolaborasi kelima ini akan segera meluncur di Indonesia dalam hitungan beberapa jam ke depan secara virtual.

Keduanya akan mengisi segmen small SUV yang mulai ramai di Tanah Air, kedua produk ini sudah ditunggu pesaingnya, Yakni Nissan Magnite dan Kia Sonet yang terlebih dulu meluncur di Tanah Air.