POPULAR STORIES

Cegah Pengendara Terjatuh, Harley-Davidson Kembangkan Fitur Self Balancing

Cegah Pengendara Terjatuh, Harley-Davidson Kembangkan Fitur Self Balancing Iustrasi pengendara Harley-Davidson (HD)

KabarOto.com - Bagi sebagian orang, motor gede (moge) buatan Harley-Davidson (H-D) tak hanya untuk alat transportasi semata. Lebih dari itu, memiliki moge legendaris asal Amerika Serikat tersebut, dianggap sebagai status sosial dan bentuk penyaluran hobi.

Namun, ada masalah yang cukup mengganggu bagi penggunanya, terutama untuk biker pemula. Mereka kerap mengaku kesulitan, untuk mengontrol moge seberat 300-500 kilogram, terutama saat kecepatan rendah.

Baca Juga: Honda Civic Ferio Modifikasi Mesin Integra, Gaya Super Rapi

Bobot yang berat terasa menyulitkan
Saat menikung dalam kecepatan rendah atau bahkan ketika mencari tempat parkir, banyak dari pengguna H-D yang sering terjatuh, karena merasa kesulitan untuk menjaga motornya, agar tetap berdiri tegak.

Membantu mengatasi hal tersebut, Harley-Davidson lantas membuat sebuah fitur canggih, bernama Self Balancing. Sistem ini, menggunakan roda gila (flywheel) berputar yang dipasang di sebuah mekanisme giroskopik. Cara kerjanya, mirip dengan perangkat gimbal untuk mencegah kamera bergoyang.

Sistem giroskopik

Selanjutnya, komponen tersebut akan terhubung ke motor secara elektrik melalui kopling, untuk membantu meningkatkan kestabilan saat kecepatan di bawah 5 kpj. Nantinya, pengedara akan merasakan motor Harley miliknya, makin mudah dikendalikan.

Baca Juga: Mercedes-AMG G63 Makin Mewah Berkat Sentuhan Hofele

"Bagi pengendara yang mungkin kakinya tidak terlalu kuat atau kurang pengalaman mengendarai sepeda motor yang berat, fitur ini amat dibutuhkan," klaim H-D dalam keterangannya.

Fitur ini, rencananya akan digunakan secara luas pada produk H-D versi 2020. Pabrikan berlogo Kepala Elang itu pun, akan mempatenkan hasil temuannya tersebut.