Cek Bagian Mobil Ini Setelah Digunakan Liburan

Cek Bagian Mobil Ini Setelah Digunakan Liburan

KabarOto.com - Lebaran tahun 2021 ini, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Untuk mengisi liburan, banyak masyarakat pun melakukan aktivitas bersilaturahmi mengunjungi sanak keluarga atau berlibur ke beberapa tempat di dalam kota.

Setelah ibur lebaran, saatnya pemilik mobil melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan agar kondisinya tetap optimal dan nyaman untuk digunakan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Langkah-langkah Mencuci Mobil Saat #dirumahaja

“Pemeriksaan kondisi kendaraan perlu dilakukan, karena mobilitas saat lebaran biasanya cukup tinggi dengan melewati berbagai kondisi jalan," terang PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

Berikut beberapa bagian kendaraan yang harus diperiksa usai digunakan liburan:

Cek kondisi melalui sensor yang ada di spidometer

1. Sistem Kelistrikan

Periksa kondisi aki, pada bagian ini biasanya terdapat indikator yang menunjukan kondisi kerjanya. Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti. Jika berwarna putih maka aki harus segera di-charge, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

Setelah itu komponen lainnya seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper dan head unit. Apabila semua komponen bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar sistem kelistrikan kendaraan dalam kondisi baik dan optimal.

2. Oli Mesin

Oli sangat penting keberadaannya untuk menunjang kinerja mesin, apalagi setelah digunakan untuk perjalanan yang lama. Cara paling mudah pertama yang harus dilakukan untuk memeriksa oli mesin, dengan mengecek odometer. Apabila sudah memasuki waktu untuk pergantian oli mesin, maka segera mengganti dengan yang baru.

Pengecekkan selanjutnya melalui dipstick. Kualitas dan volume oli bisa terlihat dari sini. Bila volume oli di bawah batas minimal maka bisa ditambahkan oli yang sejenis, dan apabila sudah hitam pekat maka sebaiknya diganti saja.

Periksa oli dan air radiator