POPULAR STORIES

Langkah-langkah Mencuci Mobil Saat #dirumahaja

Langkah-langkah Mencuci Mobil saat #dirumahaja

KabarOto.com - Saat berada di rumah aja banyak ha yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, salah satunya adalah menjaga kebersihan mobil. Namun untuk mengikuti protokoler kesehatan, beberapa alat pelindung diri seperti masker juga harus digunakan. Ada beberapa tahapan untuk mencuci mobil sendiri di rumah. Auto2000 membagi tips untuk Anda.

1. Mencuci Eksterior Mobil

Cuci mobil hingga bersih di tempat yang teduh di pagi hari menggunakan air bertekanan supaya mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan sampo mobil dan dilap menggunakan kain chamois untuk membersihkan kotoran. Jangan lupa kolong mobil juga dibersihkan, karena saat ini masih masuk musim penghujan sehingga kotoran menempel di kolong mobil. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat.

Baca Juga: Servis Dan Ganti Oli Mobil Pakai Evalube Bisa #dirumahaja

Kain mikrofiber efektif untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil dan tidak membuat permukaan bodi mobil menjadi baret. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil. kembali melihat bagian yang memiliki potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.


2. Membersihkan Kabin Mobil

Membersihkan kabin bisa dimulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih. Keringkan karpet mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau. Selanjutnya, pakai vacuum cleaner untuk membersihkan kabin seperti di kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan.

Cover jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepaskan dan dicuci. Sedangkan cover dengan bahan kulit sintetis tidak perlu dicopot dan cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Interior cleaner juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain mikrofiber. Masih memakai pembersih interior, bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk membersihkan dari bakteri, kuman dan virus.


3. Membersihkan Bagasi

Jangan lupakan bagasi, terutama untuk mobil jenis sedan yang bagasinya terpisah. Kalau ada karpet, keluarkan dan cuci dengan sabun dan pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Vacuum cleaner bisa dipakai untuk membersihkan bagasi, perhatikan segala sudut dan celah untuk memastikan tidak ada kotoran.

Anda bisa menggunakan interior cleaner untuk membersihkan noda membandel. Angkat dek bagasi dan perhatikan tempat penyimpanan ban serep, siapa tahu ada kotoran menyelip. Sambil membersihkan tempat tersebut, permukaan ban serep dan pelek juga bersihkan, dan periksa juga tekanan angin ban.

4. Membersihkan Ruang Mesin

Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan karena harus berhati-hati dengan sistem kelistrikan mobil yang sensitif guyuran air. Memang menjadi bersih, namun nantiinya akan terjadi korsleting yang membuat Anda harus keluar biaya untuk perbaikan.

Baca Juga: Usir Bosan #DiRumahAja Di 3 Zona Virtual Honda Motorsport Land

Untuk membersihkan mesin, gunakan lap biasa atau mikrofiber yang sedikit basah untuk membersihkan kotoran. Pastikan dengan memeriksa apakah ada kebocoran cairan seperti oli. Termasuk pula mengecek tabung penyimpan cairan lain seperti minyak rem dan air wiper. Tambahkan bila kurang sekaligus cek dari risiko kebocoran.