Cerita ADM Pernah Diremehkan Oleh Daihatsu Jepang

Cerita ADM Pernah Diremehkan oleh Daihatsu Jepang Pabrik Astra Daihatsu Motor

KabarOto.com - Daihatsu GranMax merupakan mobil blind van yang biasa digunakan untuk kendaraan komersial dan diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil tersebut saat ini sudah mulai diekspor ke jaringan layanan penjualan Daihatsu di Jepang. Mobil ini, digunakan oleh 3 brand, yaitu Mazda, Toyota dan juga Daihatsu.

Untuk dapat diterima di Jepang, tidak mudah dilalui. Mereka dipandang sebelah mata atau bisa dibilang diremehkan. Karena sebagian orang-orang di Jepang menganggap Indonesia adalah negara terpencil yang banyak hutan, tidak ada industri yang mampu menghasilkan sebuah produk kendaraan berkualitas.

Baca Juga: Daihatsu Gran Max Di Jepang Ganti Nama, Menjadi Mazda Bongo

Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM menceritakan, pertama ingin ekspor ke Jepang tugas berat sudah menanti. ADM diminta untuk membuat video tentang Indonesia, untuk meyakinkan jika mereka layak sebagai negara untuk ekspor mobil ke Jepang.

Daihatsu GranMax diekspor ke Jepang

"Saya terjemahkan dan promosi, memang betul Indonesia ada hutan, dan 17.000 pulau," cerita Amel. Dia menggambarkan ada pulau Jawa di mana terdapat mall terbesar se Asia Tenggara, ada banyak sekolah International dii Jakarta.

"Semua informasi tentang Indonesia dan Jakarta kami sajikan dengan data dan video," tambahnya.

Video tersebut tidak membuat mereka percaya begitu saja, prinsipal dan diler-diler pun datang ke pabrik untuk melihat proses produksi di ADM.

"Setelah datang ke pabrik, baru mereka percaya, dan menyatakan sama seperti di Jepang. Sama seperti Toyota, karena satu group dengan Toyota," tambah Amelia. Setelah itu pembuktian itu, prouk Daihatsu pun diekspor ke Jepang.

Baca Juga: Kapan Daihatsu Bawa Rocky Dan Kei Car Ke Indonesia, Ini Jawabannya

Amelia pun sebagai warga negara Indonesia merasa bangga, bisa mengekspor mobil ke negara yang menjadi kiblat otomotif dunia. "Saya turut bangga, bisa ekspor. Boleh dibilang ke 'sepuhnya' kualitas otomotif, yaitu Jepang," terang Amel lagi.