POPULAR STORIES

Chery Investasi Produksi Dan Manufanturing Di Indonesia, Nilainya Mencapai Rp14,8 Triliun

Chery Investasi Produksi dan Manufanturing di Indonesia, Nilainya Mencapai Rp14,8 Triliun Chery Tiggo 7 (Foto: Chery)

KabarOto.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, melakukan pertemuan dengan Charlie Zhang, Executive Vice President Chery International, di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing.

Kedua pihak membicarakan rencana investasi Chery International di Indonesia, mencapai USD 1.000.000.000 atau sekitar Rp 14,8 triliun. Jumlah tersebut, meliputi aktivitas produksi dan manufakturing di Indonesia, perkiraan kapasitas mencapai 200.000 kendaraan.

Baca juga: Chery Tiggo 7 Pro Diklaim Bisa Penuhi Kebutuhan Perempuan

“Untuk mencapai target produksi dan manufaktur, investasi Chery di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap," jelas Charlie Zhang, Executive Vice President Chery International. Investasi tahap awal dimulai pada tahun 2022, sebesar USD 40.000.000. Diproyeksikan mencapai jumlah produksi 20.000 unit per tahun.

Pertemuan Indonesia dan Chery membahas pembangunan pabrik (Foto: Chery)

Investasi tahap keempat tahun 2028, menggenapkan investasi sampai mendekati USD 1.000.000.000, sehingga dapat mengoptimalkan jumlah produksi mencapai 200.000 unit per tahun.

"Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia, juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” papar dia.

Charlie Zhang juga menyampaikan, rencana investasi Chery di Indonesia untuk pengembangan kendaraan listrik. Menurutnya, Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia, akan sangat berperan dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan.

Baca juga: Chery Ant Charme, Mobil Listrik Cocok Untuk Wanita

Ke depannya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model. Meski terjadi kecenderungan penurunan sebesar 6,6% pada keseluruhan industri otomotif di tengah tahun pertama 2022, namun Chery Group mampu menciptakan peningkatan pertumbuhan tahunan tinggi, yaitu sebesar 12%.

Volume penjualan 475.000 unit kendaraan, termasuk penjualan ekspor mobil penumpang sebanyak 148.000 unit atau naik 36% YoY. Hal inilah yang mendukung
pertumbuhan pesat untuk seluruh grup.