POPULAR STORIES

Chevrolet COPO Camaro 2020 Concept, Konsep Mobil Khusus Drag Race

Chevrolet COPO Camaro 2020 Concept, Konsep Mobil Khusus Drag Race

KabarOto.com – Pada 1969, Chevrolet memperkenalkan program COPO Camaro yang terinspirasi oleh diler Chevrolet yang berbasis di Illinois, Amerika Serikat pimpinan Fred Gibb. Chevrolet COPO Camaro merupakan mobil balap yang dirancang khusus untuk membuat mobil lebih kompetitif di balap drag Stock Eliminator.

Mobil balap ini terwujud oleh Gibb, melalui sistem pesanan khusus in-house milik Chevrolet, dikenal sebagai Central Office Production Order (COPO) yang diklaim dapat memberikan keuntungan. Proses COPO biasanya digunakan untuk layanan kendaraan armada seperti perlengkapan truk, cat khusus, dan pesanan khusus GM lainnya.

Baca juga: Intip Keunikan Modifikasi Chevrolet C10 G Speed Indonesia

Pada 2012, generasi ke-lima model COPO Camaro meluncur setelah memperkenalkan model konsepnya di SEMA Show 2011 yang hanya diproduksi sebanyak 69 unit. Produksi model baru di tahun 2012 dilakukan setelah menerima tanggapan luar biasa untuk membangun mobil balap model baru COPO Camaro.

Di tahun 2019, Chevrolet merayakan 50 tahun COPO Camaro dengan mengeluarkan COPO Camaro 50th Wedding Special Edition yang memiliki 50th anniversary badge untuk merayakan COPO Camaro yang telah ada sejak tahun 1969. Selain, model 50th Weeding Anniversary, Chevrolet juga memperkenalkan konsep eCOPO Camaro, sebuah mobil balap listrik yang didasarkan pada COPO Camaro model tahun 2019. Namun, produksi eCOPO Camaro dinilai gagal saat dijual di lelang Russo and Steele, Monterey, Amerika Serikat.

Baca juga: Sosok Istimewa Chevrolet C10 1970 Karya G Speed Indonesia

Akhirnya di penghujung tahun 2019, Chevrolet membuka buku pesanan untuk COPO Camaro model 2020. Dilansir dari carbuzz.com, mesin yang ditawarkan kemungkinan akan mirip dengan model tahun 2019 dengan 3 pilihan mesin V8 yang bisa dipilih.

Mesin V8 yang ditawarkan antara lain, mesin V8 302 bertenaga 360 dk, mesin V8 427 Naturally Aspirated bertenaga 470 dk, dan V8 350 Supercharged bertenaga 580 dk. Mesin yang disokongnya mampu berlari seperempat mil atau 402 meter dalam waktu kurang dari 9 detik.

Konsep desainnya mirip seperti pada COPO Camaro model 2019 dengan warna Wedding Blue Metallic, warna eksterior ini merupakan warna spesial yang digunakan pada model terbatas.

Sebagai sebuah mobil balap, Chevrolet tetap memberikan perangkat pelindung seperti roll cage dan parasut untuk keselamatan pengemudi dan penumpang.

Meskipun berbasis model COPO Camaro model 50th Anniversary tahun 2019, konsep model tahun 2020 tidak akan memiliki 50th anniversary badge. Produksi COPO Camaro untuk model tahun 2020 akan sangat terbatas, namun Chevrolet sudah membuka pesanan untuk mobil tersebut. Sayangnya, sampai saat ini Chevrolet belum memberikan detail harga resmi dan tanggal peluncurannya.(Nora Dian Pratama)