Ciri-ciri Kampas Rem Harus Diganti

Ciri-ciri Kampas Rem Harus Diganti kamoas rem motor (kabaroto/Ahmad Djainudin)

Kabaroto.com - Pengereman pada kendaraan sangatlah penting keberadaannya, dan merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan kegunaannya. Karena bila kurang memperhatikan komponen pengereman seperti kampas rem akan menimbulkan bahaya yang fatal.

Terkadang para pengguna kendaraan enggan atau malas untuk merawat sistem pengereman ini, dengan melupakan fungsi penting dari pengereman itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Bro Ryan dari bengkel RMS ini.

Baca Juga:

"Sistem pengereman yang terdiri dari tuas rem, kanvas rem dan komponen lainnya sangatlah penting keberadaannya, dan harus di prioritaskan perawatannya. Bila tidak sangat berbahaya saat kendaraan kita gunakan".

Berikut ciri ciri kampas rem mulai habis:
. Ketika kendaraan digunakan akan terdengar suara seret pada bagian roda.
. Adanya garis atau sesetan halus pada permukaan cakram (akibat gesekan dari besi kanvas yang habis kepermukaan piringan cakram)
. Pengereman tidak maksimal (lost saat melakukan pengereman)
. Permukaan piringan cakram sudah tidak normal (cekung karena termakan besi kanvas rem)
. Rem bisa mengunci dengan tiba tiba karena kanvas sudah habis.

Lakukan pengecekan secara cermat agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan, dan terhindar dari kecelakaan fatal hanya karena kita malas merawat sistem pengereman ini, semoga bermanfaat dan selalu safety riding.