Cobain Bus JR Dan JA Connexion, Catat Tarif Dan Jadwalnya

Cobain Bus JR dan JA Connexion, Catat Tarif dan Jadwalnya Bus JA Connexion (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Bagi Sobat KabarOto yang tinggal di BSD, kini Pemerintah sudah memberikan layanan tambahan terkait transportasi ke daerah Jakarta. Per tanggal (12/06) lalu, Perum PPD meresmikan tranportasi Bus JR dan JA Connexion. Tentunya transportasi ini menambah rangkaian kendaraan umum yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Jadi, masing-masing bus memiliki dua tujuan yang berbeda. Untuk JA Connexion akan mengantar Sobat KabarOto ke Bandara Soekarno Hatta. Selama masa percobaan tarifnya hanya dikenakan Rp 30 ribu saja loh. Enaknya lagi, bus ini beroperasi mulai pukul 05.00 WIB, jadi kalau punya jadwal keberangkatan pagi tidak repot lagi nih Sob.

Sedangkan JR Connexion memiliki rute ke Lebak Bulus, nah Sobat KabarOto yang naik bus ini akan diturunkan persis di depan stasiun MRT Lebak Bulus. Sesampainya disana, bisa melanjutkan perjalanan sesuai dengan tujuan masing-masing dengan berbagai pilihan transportasi umum lainnya.

Baca Juga: BSD Link, Muter BSD Serpong Gratis Loh!

"Bagi yang ingin ke Bandara dan Lebak Bulus, bisa langsung menuju ke Scientia Square Park. Perjalanannya bisa ditempuh kurang lebih dalam satu jam, tergantung situasi dan kondisi jalan," ujar Zaki Ahamed selaku Bupati Tangerang pada saat pembukaan.

Pertama ada MRT Lebak Bulus yang akan mengantar ke daerah perkantoran di Jakarta Selatan. Jika tidak ingin menggunakan MRT, Sobat KabarOto bisa menggunakan transportasi lain. Karena tempat pemberhentiannya deket dengan halte bus Transjakarta ke berbagai tujuan.

Baca Juga: Transportasi Umum Baru, Bus JR Dan JA Conexion Hadir Di Tangsel Nih

Tidak hanya transportasi umum modern, yang konvensional seperti angkot pun juga ada loh. Atau pesan ojek online juga diperbolehkan, dan tidak perlu menunggu di lokasi yang jauh.

Untuk tarif ke Lebak Bulus jauh lebih murah jika dibandingkan ke Bandara, yaitu Rp 10 ribu saja selama masa percobaan. Untuk jam operasionalnya, JR dan JA memiliki waktu yang cukup berbeda. Jika tujuan JA dengan tujuan Bandara beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB, tidak dengan JR.

Bus JR Connexion tujuan Lebak Bulus untuk keberangkatan, yaitu BSD - Lebak Bulus beroperasi pagi pukul 05.30 WIB hingga 09.30 WIB. Kemudian dilanjutkan lagi menjelang sore pukul 14.35 WIB hingga 17.00 WIB. Nah, untuk kepulangan dari Lebak Bulus menuju BSD dimulai pukul 17.00 WIB.

Sobat KabarOto yang tertarik naik Bus JR dan JA Connexion bisa menuju dua halte yang sudah disediakan nih, yaitu di Summarecon Mal Serpong (SMS) dan Summarecon Digital Center (SDC). Untuk tujuan Bandara, bus akan menjemput di SDC terlebih dahulu. Sebaliknya untuk tujuan Lebak Bulus, penjemputan di SMS kemudian SDC.

Baca Juga: Ingin Jajal MRT Naik Bus? Ini Rute & Tarif Transjakarta Bintaro Dan BSD

Ketika masa uji coba sudah selesai, harga yang ditetapkan berbeda dengan kenaikan masing-masing Rp 5 ribu. Untuk JR Connexion naik menjadi Rp 15 ribu, sedangkan JA menjadi Rp 15 ribu. Sementara pembayaran menggunakan uang cash saja, tetapi setelah masa uji selesai ada wacana menjadi cashless.

"Nanti sih ada wacana akan dibuat cashless untuk pembayaran. Selain lebih aman kan jadi lebih cepat juga," jelas Erik selaku pengawas Bus JA Connexion di SDC.