Corona Sebabkan Jepang Catat Rekor Ekspor Otomotif Terburuk

Corona Sebabkan Jepang Catat Rekor Ekspor Otomotif Terburuk

KabarOto.com - Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan di dunia, termasuk Jepang berdampak cukup signifikan untuk industri otomotif. Bahkan, ekspor dari negara Negeri Matahari terbit ini, turun 21,9 persen pada April 2020.

Dilansir dari Asia Nikkei, penurunan ini menjadi yang terbesar dalam lebih dari 10 tahun terakhir. Data yang dirilis Kementerian Keuangan Jepang, ekspor Jepang turun menjadi 5,5 triliun yen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Meski Menurun, Permintaan Ekspor Wuling Tetap Berjalan

Angka penurunan tersebut, terburuk sejak Oktober 2009 setelah guncangan Lehman. Penurunan ekspor pada April lalu ini, mengikuti pada Maret sebesar 11,7 persen.

Selain ekspor, lini industri otomotif memang yang paling terpukul, karena pengiriman yang menurun secara global, termasuk ke Amerika Serikat dan Asia. Ekspor suku cadang mobil juga mengalami penurunan sebesar 39,2 persen.

Dilihat dari wilayahnya, ekspor ke AS turun 37,8 persen, menjadi 879 miliar yen, dan menjadi penurunan terbesar sejak Juli 2009. Sedangkan ekspor ke Uni Eropa juga turun 28 persen, menjadi 483 miliar yen.Terakhir, ekspor ke Asia juga turun 11,4 persen, menjadi 3,1 triliun yen.