POPULAR STORIES

Crawford Performance Air/ Oil Separator: Bukan Oil Catch Tank Biasa

Crawford Performance Air/ Oil Separator: Bukan Oil Catch Tank Biasa Crawford Performance AOS (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Mungkin kenal dengan alat bernama oil catch tank yang biasa terpasang sebagai part tambahan di mobil. Fungsinya untuk mereduksi penguapan oli yang tersirkulasi kembali ke bagian intake.

Serupa tapi tak sama, bentuk dari Air/ Oil Separator (AOS) dari Crawford Performance memang mirip, namun ada fitur yang tidak dimiliki oleh oil catch tank biasa.

“Fungsinya sama, namun kinerja AOS ini menggunakan elemen air yang diambil dari sistem pendinginan mobil/ radiator, untuk membantu kondensasi oli mesin itu sendiri supaya terpisah dari udaranya atau menguap,” jelas Regi Fiandisa selaku owner AHT Garage di BSD, Tangerang Selatan.

Mengapa peranti ini tidak menjadi standarisasi para pembuat kendaraan? Oke, banyak yang mempertanyakan ini, namun sayangnya udara yang diambil dari cylinder head atau valve train, biasanya masuk lagi ke bagian intake karena faktor emisi yang sudah ada regulasinya dari pabrikan kendaraan.

Baca Juga: Apa Maksud Kompresi, Injeksi, Konfigurasi dan Induksi pada Mesin? Ini Penjelasannya

Tiap AOS memiliki jalur masing-masing inlet-outlet untuk air dan udara. “Kendaraan pada umumnya punya kondisi yang dinamakan blow-by yang menimbulkan uap oli. Namun jangan khawatir, karena alat ini punya jalur sirkulasi yang sudah dirancang sedemikian rupa, untuk membuat ruang intake makin bersih dan mengurangi kabut oli,” imbuhnya.

Karena Quirt Crawford sendiri awalnya fokus membuat performance parts untuk Subaru dan Toyota 86, maka AOS ini awalnya dikembangkan untuk varian kendaraan tersebut.

Namun jangan khawatir, sekarang sudah tersedia juga AOS untuk universal yang bisa dipasang ke semua jenis mobil. “Harganya Rp 6,5 juta untuk varian Subaru, juga untuk yang universal semua mobil,” tutupnya.