Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring, Begini Resikonya

Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring, Begini Resikonya Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Pemilik mobil biasanya tidak menggunakan sabun cuci mobil yang seharusnya. Misalnya saja paling dekat adalah sabun cuci piring, karena dinilai lebih kesat, dan cukup efektif menghilangkan noda kotoran seperti minyak dan sebagainya.

Namun perlu diketahui, bahwa cat mobil itu memiliki clear coat atau pernis yang melindungi warna asli mobil. Sehingga perlu mencucinya menggunakan bahan aman untuk cat. Oleh karenanya disarankan mencuci mobil wajib gunakan sampo khusus mobil.

“Pakai sabun atau sampo khusus mobil dengan ph balance, jangan pakai sabun cuci piring dan sebagainya karena justru bisa merusak warna mobil,” ujar Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine.

Baca Juga : Kenali Diesel Runaway, Apa Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya

Pasalnya jika Sobat KabarOto terus mencuci menggunakan sabun cuci piring yang pH-nya tidak sesuai atau terlalu asam, hal ini sebenarnya efektif menghilangkan noda di bodi mobil.

Sabun cuci piring di pasaran.

Baca Juga : Mobil Sudah Cat Ulang, Jangan Wrapping Atau Pasang Stiker Sob

Namun lama-lama maka akan mengikis pernis. Bila pernis terkikis, maka lama-lama tampilan mobil akan terlihat kusam. Selain itu, jika bekas sabun tidak dilap dengan benar, maka rentan meninggalkan bekas seperti jamur atau water spot.