POPULAR STORIES

Dakar 2022 Etape 3: Carlos Sainz Bawa Audi Kuasai Balap Rute Al Qaisumah

Dakar 2022 Etape 3: Carlos Sainz Bawa Audi Kuasai Balap Rute Al Qaisumah Dakar

KabarOto.com - Carlos Sainz yang membela tim Audi Sport sanggup bertengger di posisi pertama pada reli Dakar 2022 etape 3 yang berlangsung di rute Al Qaisumah. Carlos Sainz yang menggeber Audi RS Q e-tron sanggup meninggalkan rival-rivalnya di belakang.

Sempat di kuasai oleh kedua rival beratnya di dua etape sebelumnya, yakni Nasser Al-Attiyah dan Sebastian Loeb, kini Carlos Sainz berhasil mengulang kejayaan 2 tahun lalu saat ia membawa timnya meraih kesuksesan podium teratas ajang balap ini.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 1: Nasser Al-Attiyah Bawa Toyota Gazoo Racing Kuasai Jalur Ha'il

Hal ini sekaligus menjadi kemenangan pertama bagi mereka di kategori T1-Ultimate, yang merupakan kelas khusus memperlombakan kendaraan tenaga alternatif sebagai salah satu upaya Dakar mengurangi emisi.

Di belakang Carlos Sainz, terdapat posisi runner-up yang ditempati oleh Henk Lategan dengan gap 38 detik, kemudian di posisi ke-3 ada Stephane Peterhansel yang merupakan rekan satu tim Sainz dengan jarak 1 menit 41 detik.

Sebastian Loeb yang sempat jadi juara etape ke-2 diikuti oleh Nasser Al-Attiyah yang harus kehilangan waktu jelang finis etape tersebut karena mengalami insiden pecah ban.

Lategan kehilangan salah satu roda mobilnya di etape 1B ketika memimpin lomba lepas checkpoint pertama, diikuti Mattias Ekstrom, Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 2: Loeb Mulai Kejar Al-Attiyah

Nani Roma sempat membayangi di peringkat ke-5 sewaktu Loeb membuang waktu 7 menit akibat insiden pecah ban ke-2 kalinya yang mengakibatkan tertinggal lebih dari 15 menit setelah km 126.

Melewati km 218, Sainz muncul sebagai pahlawan bagi tim Audi Sport dengan memegang kendali lomba hingga menyelesaikan special stage sepanjang 255 km. Di sisi lain, Loeb harus berbesar hati karena membuang waktu 33 menit akibat kerusakan transmisi yang dialaminya.

Al-Attiyah masih bertengger di puncak klasemen umum sementara dan memperlebar jaraknya dari Loeb menjadi 37 menit 40 detik di posisi ke-2. Sedangkan Lucio Alvarez dari tim Overdrive Toyota bertengger di posisi ke-3 klasemen sementara dengan gap 42 menit 6 detik.

Etape selanjutnya berlangsung pada hari Rabu waktu setempat dengan rute Al Qaisumah menuju Riyadh dengan special stage berjarak 465 km.