POPULAR STORIES

Kendaraan Yang Kotor Bersifat Merusak Dan Tambah Berat? Ini Penjelasannya

Kendaraan yang Kotor Bersifat Merusak dan Tambah Berat? Ini Penjelasannya Cuci Kendaraan Secara Berkala Berdampak Positif. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Selain membuat tampilan motor & mobil terlihat kusam, hujan ternyata menyimpan potensi yang membuat kendaraan rusak perlahan-lahan. Kerusakan tersebut bisa dihindari dengan membilas kendaraan sesudah 'mandi hujan'. Jika hal itu tidak dilakukan, efek yang muncul akan merepotkan pengendara dan mengurangi kenyamanan di jalan.

Misal di kampas rem akan muncul endapan kotoran, sehingga muncul decitan ketika roda berputar. Selain itu, rem juga bisa cepat aus karena kotoran dapat menggores piringan cakram. Pelepasan panas mesin juga akan terganggu dengan menempelnya kotoran di beberapa bagian. Performa akan semakin menurun, jika endapan yang menempel di radiator tidak segera dibersihkan dan risikok terburuknya malah mampu menimbulkan overheat.

Baca Juga: Cuci Steam Bagian Mesin Mobil Bisa Sebabkan Korsleting

Suspensi pun tak luput dari kerusakan. Pelumas pada bagian tersebut akan larut sehingga menimbulkan suara decitan. Karet seal juga akan cepat mati dan berpotensi menumbulkan kebocoran. Bagi sepeda motor yang menggunakan rantai, hujan akan melarutkan pelumas sehingga akan menimbulkan suara yang mengganggu. Gigi-gigi pada gear akan mudah tergerus, jika gesekan dengan rantai tidak disertai pelumas.

Berbagai komponen dari logam dapat berkarat karena kandungan asam dari air hujan. Potensi kerusakan tersebut akan semakin besar jika terpapar sinar matahari dan air hujan secara bergantian an dan dalam waktu yang lama.

Motor Terasa Enteng Sehabis Dicuci, Ini Penjelasan Teknisnya

Pemilik kendaraan pasti pernah merasakan, motornya terasa lebih ringan setelah dicuci bersih. Ada yang bilang itu hanya perasaan saja. Namun ada pula yang meyakini hal tersebut memang ada pengaruhnya. Sebetulnya, adakah penjelasan teknis terkait hal ini?

Handy Hariko, Senior Manager Training Department Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, bahwa ada pengaruh antara cuci bersih dan perfoma motor. Menurutnya, hal ini disebabkan karena kotoran yang menempel pada motor luntur semua.

"Karena lumpur yang menempel pada lepas semua, pasti enteng," ujar Handy.