POPULAR STORIES

Cuci Steam Bagian Mesin Mobil Bisa Sebabkan Korsleting

Cuci Steam Bagian Mesin Mobil Bisa Sebabkan Korsleting Mekanik tengah memperbaiki sistem kelistrikan satu mobil di JHL Custom Garage.(kabarOto/ian)
KabarOto.com - Musim penghujan seperti sekarang ini, membuat kendaraan khususnya mobil, cepat kotor terkena percikan lumpur. Pengendara kerap tak mau ambil pusing, bawa saja ke tempat cucian mobil langsung beres. Tapi, bila tak hati-hati sistem kelistrikan mobil kesayangan Anda akan berantakan, korsleting, atau korosi yang ujung-ujungnya harus merogoh kantong dalam-dalam.

Tak semua tempat pencucian mobil memahami cara benar mencuci mobil, khususnya kalau menggunakan steam berdaya tekan tinggi (hingh pressure). Apalagi bagian yang dicuci itu sangat sensitif, misalnya sistem kelistrikan yang diletakkan di bawah kap mesin.
Karena itu, sebaiknya tidak dianjurkan menyemprot bagian mesin di bawah kap mobil menggunakan steam bertekanan tinggi.

"Tekanan steam yang sangat tinggi seperti yang banyak kita jumpai, itu mampu menembus sistem kelistrikan yang dibatasi sil yang sangat tipis," kata Aprio Sapto Saputro, Mekanik ASI Motor di Sentral Onderdil, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (27/2/2018).

Karena itu, lanjut Yoyo, sapaan akrab Aprio Sapto Saputro, pembersihan komponen penting di bawah kap mesin sebaiknya menggunakan lap basah saja. "Aliran air kran saja bisa menembus sil (kelistrikan)."

Mobil Eropa lebih sensitif lagi. Biasanya sistem kelistrikannya lebih banyak ditempatkan di bawah kap. Karena itu, bila tukang cuci mobil menggunakan steam untuk membersihkan komponen penting di bawah kap tersebut, sebaiknya Anda melarangnya.
Sebab, lanjut Yoyo, ECU (Engine Control Unit) yang berfungsi sebagai alat kontrol elektronik untuk mengendalikan serangkaian actuator mesin pembakaran dalam, entah itu ignition atau injection, memiliki sitem plus minus.

Bila plus minus tersebut menyatu karena air, kelistrikan bisa rusak karena korsleting atau korosi. "Sistem kelistrikan itu hanya dipisahkan sil yang sangat tipis. Air keran saja bisa tembus apalagi dari steam yang memiliki daya sembur sangat tinggi," kata Yoyo.

Padahal kita semua tahu, ECU itu adalah otak dari suatu kendaraan yang telah di-computerize. Untuk itu, sebaiknya, kata Yoyo, gunakan saja lap basah untuk membersihkan komponen di bawah kap mesin.

Cuci Steam Cat Mobil
Soal cat, steam high pressure tak berpengaruh. Begitu juga kaki-kaki, tak ada masalah karena, baik cat maupun kaki-kaki sudah dirancang mampu menahan tekanan air yang menyembur deras dari selang steam.

Kecuali mobil yang sudah keropos (korosi), mungkin steam air yang begitu deras bisa merusak bagian-bagian kolong mobil atau bodi mobil.