POPULAR STORIES

Dampak Mengganti Pelek Mobil Aftermarket Terlalu Besar

Dampak Mengganti Pelek Mobil Aftermarket Terlalu Besar Koditikasi pelek banyak dilakukan oleh pemilik mobil (Foto : KabarOto)

KabarOto.com - Mengganti pelek jadi hal yang dilakukan dengan mudah, untuk mendongkrak tampilan agar lebih keren. mendongkrak tampilan mobil secara keseluruhan. Nmun dalam mengganti pelek ada beberapa dampak yang harus diperhatikan.

Ukuran menjadi salah satu hal dan menjadi perhatian. Jika terlalu besar tentu akan memberikan dampak negatif pada performa kendaraan.

“Akibat ukuran pelek serta ban yang berubah, otomatis akan memberikan banyak dampak pada mobil yang posisinya masih standar. Bisa dari segi kestabilan mobil bahkan juga mempengaruhi sisi konsumsi bahan bakar,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha.

Baca Juga : Kenali Jenis Sekring Dan Spesifikasinya Yuk!

Dampak lainnya jika pelek terlalu jauh spesifikasinya dari standar, sistem pengendalian, atau kemudi yang menjadi lebih berat. Jika terus dipaksakan, akan berimbas pada komponen penunjang kaki-kaki, seperti ball joint, tie road, shock absorber, dan bearing roda.

Baca Juga : Kenali Rolling Resistance Atau Hambatan Gulir Pada Ban Kendaraan Sobat

Selain itu, akan ada perubahan konsumsi bahan bakar mobil yang kemungkinan besar, menjadi lebih boros. Begitu juga sistem pengereman, karena membutuhkan tenaga yang berbeda, sehingga berpotensi menimbulkan jarak pengereman yang lebih panjang.