POPULAR STORIES

Delegasi KTT ASEAN Gunakan EV, Komitmen Indonesia Dorong Net Zero Emission

Delegasi KTT ASEAN Gunakan EV, Komitmen Indonesia Dorong Net Zero Emission Ilustrasi: Penyerahan BMW i7 untuk para delegasi KTT ASEAN (KabarOto)

KabarOto.com - Selain untuk mengurangi polusi udara, penggunaan mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) bagi para delegasi negara sahabat selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di Jakarta juga punya mempunyai tujuan khusus.

Penggunaan EV juga untuk menunjukkan komitmen Indonesia dalam terus mendorong nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) kepada para negara sahabat.

Baca Juga: Intip Perakitan Mobil BMW Di PT Gaya Motor

“Presiden Jokowi telah berpesan untuk memberikan pelayan terbaik kepada tamu-tamu, jadi tidak hanya harus sukses secara substansi, tapi juga memberikan efek yang baik pada masyarakat juga," ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama.

Para delegasi negara sahabat sendiri akan menggunakan EV dari beragam merek. Mulai dari BMW, Hyundai hingga Wuling.

Hyundai Ioniq 6 jadi kendaraan bagi para delegasi KTT ASEAN (Foto: KabarOto)

Untuk BMW i7 disediakan 24 unit bagi para pemimpin negara sahabat. Toyota Bz4X untuk para Menteri dan Pejabat Tinggi, Hyundai Ioniq 6 untuk para ibu pejabat serta cadangan tamu VVIP.

Sementara, Hyundai Ioniq 5 disediakan untuk para protokoler dan keamanan dan Wuling Air ev untuk kendaraan operasional.

Baca Juga: BMW Seri 7 Baru Dirilis, Ternyata Rakitan Lokal Sob!

Para tamu negara juga direncanakan menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) dan shuttle bus listrik dari dan menuju Jakarta Convention Center (JCC).

“Shuttle-nya listrik, jadi kerja sama dengan Kementerian Perhubungan dengan Dinas Perhubungan DKI. Kita menggunakan busway yang listrik nanti, yang deck-nya rendah untuk melayani masuk ke JCC,” ujarnya.